ANALISIS USAHA AGROINDUSTRI KERUPUK SAGU DI DESA PASAR BARU BASERAH KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI (STUDIKASUS : INDUSTRI RUMAH TANGGA YUSNAH)

  • Rosi Saputri Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Agroindustri, Kerupuk Sagu,Pendapatan, Efisiensi, dan BEP

Abstract

Tujuan penelitian  ini adalah Untuk mengetahui besarnya biaya, pendapatan, dan Efisiensi Usaha Agroindustri Kerupuk Sagu di Desa Pasar Baru Baserah Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi dan untuk mengetahui BEP produksi dan BEP harga Usaha Agroindustri Kerupuk Sagu di Desa Pasar Baru Baserah Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis biaya, analisis pendapatan, analisis efisiensi, Break Even Point (BEP) produksi, dan Break Even Point (BEP) harga. Hasil penelitian meninjukkan total biaya sebesar Rp 234.433,- per produksi, pendapatan kotor sebesar Rp 432.000,- per produksi, dan pendapatan bersih sebesar Rp 197.567,- per produksi. Sementara itu nilai efisiensi sebesar 1,84 yang artinya setiap biaya yang dikeluarkan Rp 1,-, maka pendapatan kotor sebesar Rp 1,84,- dan pendapatan bersih sebesar Rp 0,84,-, dikarenakan nilai R/C lebih besar dari satu, maka dapat disimpulkan usaha kerupuk sagu Yusnah layak untuk dikembangkan. BEP produksi sebesar 293 bungkus, sementara itu usaha kerupuk sagu telah menghasilkan 540 bungkus kerupuk sagu. BEP harga sebesar Rp 434,- per bungkus, sementara itu harga dari kerupuk sagu sebesar Rp 800,-per bungkus. Dikarenakan BEP produksi dan BEP harga telah melewati titik impas maka usaha telah dinyatakan menguntungkan.

References

Al-Kautsar, H, 2013.Analisis Industri Rumah Tangga Tempe Di Kecamatan Gampang Kabupaten Sileman.Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

Al Haryono Yusuf, 1997, Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: AMP-YKPN.

Ermayanti. 2011. Persaingan Produk Smartphone. Artikel Mix Marketing Extra.
Edisi12/IV/21 Desember 2010 – 20 Januari 2011.

Flach, M. (1997). Sagu Palm. Metroxylon Sagu Rottb. International Plant Genetic Resources Institute, 1-76.

Kasmir, 2011, “Analisis Laporan Keuangan”, Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Koswara, Sutrisno. 2009. Pengolahan Aneka Kerupuk. eBook Pangan.

Soekartawi, 2000.Pembangunan Agroindustri. Universitas Diponogoro Semarang. Jawa Tengah.

(Soekartawi, 2005).Agroindustri Dalam Perspekstif Sosial Ekonomi.Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Pertiwi, Pitma. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Tenaga Kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Prawirosentono, Suyadi. (2001). Manajemen Operasi, Analisis dan Studi Kasus, Edisi Ketiga, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Published
2022-11-07