ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI KELAPA SAWIT DI DESA SEROSAH KECAMATAN HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Sri Hariyani Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Biaya, Penerimaan, Pendapatan dan Kelapa Sawi

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris, sebagian besar penduduknya bermata pencarian sebagai petani, maka dari itu sektor pertanian tentu saja mempunyai peranan yang penting dalam kegiatan perekonomian Indoneisa. Sektor pertanian merupakan sektor utama dalam perekonomian bangsa Indonesia. Hampir semua sektor yang ada di Indonesia tidak lepas dari sektor pertanian. Sebagian besar penduduk indonesia, menjadi sektor pertanian sebagai sumber penghidupan. Oleh karena itu perlu adanya pembagunan nasional yang bertumpu pada pembagunan pertanian. Pembangunan merupakan proses perubahan yang direncanakan dan merupakan rangkaian kegiatan yang berkesinambungan, berkelanjutan, dan ke arah yang lebih baik. Pembangunan pertanian merupakan bagian intergal dari pembangunan nasional, salah satunya adalah kebijakan dalam pengembangan agribisnis. Pengembangan kelapa sawit antara lain memberi manfaat dalam peningkatan pendapatan petani dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan usaha tani kelapa sawit di Desa Serosah Kecamatan Hulu Kuantan  Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan usaha tani kelapa sawit di Desa Serosah Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Serosah Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 30 orang petani kelapa sawit. Teknik pengumpulan data dengan cara riset lapangan, kuisioner, observasi, wawancara langsung dan dokumentasi untuk mengetahui besar biaya pendapatan usaha tani kelapa sawit di Desa Serosah Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Dari pengolahan data diperoleh hasil penelitian bahwa hasil penerimaan rata-rata atas usaha yang dijalankan pada usahatani kelapa sawit adalah sebesar Rp. 491.483/Ha/Tahun, sedangkan total biaya rata-rata yang dikeluarkan adalah sebesar Rp. 26.186.517/Ha/Tahun dengan demikian total pendapatan rata-rata yang diperoleh adalah 26.678.000/Ha/Tahun. Kemudian hasil dari R/C adalah 1.01. artinya usahatani kelapa sawit di Desa Serosah Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Menguntungkan.

References

Indonesia. Jakarta. Erlangga.Ohn D Watts, Silvia Irawan (Desember 2018). “Oil Palm in Indonesia” (PDP). Profor.Diakses tanggal 3 April 2020.

Badan Pusat Statistik. 2019. Perkebunan Kementrian Pertanian dan Badan Pusat Statistik (BPS).

Gustiyana, H 2004. Analisis Pendapatan Usahatani untuk Produk Pertanian. Salemba empat: Jakarta

Kusuma, Hadri. 2006. Dampak Manajemen Laba terhadap Relavansi Informasi Akuntansi: Bukti Empiris dari Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Martani. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Saleman Empat.

Marwansyah. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.

Mubyarto. 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: Edisis ke-tiga, LP3ES.

Mubyarto. 1997. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Surakarta: University Press.

Novita. 2013. Sensu pada Tanaman Kelapa Sawit. Sampit. Diakes melalui pada tangal 14 Maret 2016 pada pukul 10.00 WIB.

Pahan, I. 2010. Panduan lengkap Kelapa Sawit. Manajemen Agribisnis Dari Hulu hingga Hilir. Penebar Swadaya, Jakarta.

Soekartawi. 2006. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Jakarta Jakarta : Universitas Indonesia.

Sugiyono 2010 Metode Penelitian Bisnis: Penerbit CV . Alfabeda: Bandung.
Published
2022-11-08