PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS ANAK DARO DI KELURAHAN MUARA LEMBU KECAMATAN SINGINGI

  • Tilka Dilla Saputri
Keywords: Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Beras Anak Daro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian beras anak daro di Kelurahan Muara Lembu Kecamatan Singingi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif  dengan analisis data menggunakan skala likert summated rating. Berdasarkan hasil penelitian, perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian beras anak daro di Kelurahan Muara Lembu Kecamatan Singingi memiliki skor rata-rata 2,20 dengan kategori baik, terdiri dari 8 (delapan) indikator yaitu produk memiliki skor 2,58 dengan kategori sangat baik, harga memiliki skor 2,59 dengan kategori sangat baik, promosi memiliki skor 2,18 dengan kategori baik, distribusi memiliki skor 2,73 dengan kategori sangat baik, budaya memiliki skor 2,62 dengan kategori sangat baik, individu memiliki skor 2,44 dengan kategori sangat baik, sosial memiliki skor 2,00 dengan kategori baik, dan psikologis memiliki skor 2,71 dengan kategori sangat baik. Sedangkan keputusan pembelian memiliki skor 2,52 dengan kategori sangat baik,  terdiri dari 4 (empat) indikator yaitu kebutuhan yang dirasakan memiliki skor 2,55 dengan kategori sangat baik, kegiatan sebelum membeli memiliki skor 2,25 dengan kategori baik, perilaku waktu membeli memiliki skor 2,60 dengan kategori sangat baik, dan perilaku pasca pembelian memiliki skor 2,62 dengan kategori sangat baik. Bagi produsen beras anak daro agar terus menjaga konsistensi produk dalam menjaga mutu dan kualitas produk yang dihasilkan dan harus lebih cermat dalam mengindentifikasi kebutuhan konsumen beras anak daro.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. A. (2020). Pengaruh Cita Rasa Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lapis Kukus Pahlawan Surabaya.

Febriani, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Beras Di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Agribisnis, 9(1), 47–53. https://doi.org/10.32520/agribisnis.v9i1.1081

Habib, E. A. dan E. B. Kuntadi. 2020. Analisis willingness to pay beras organik aromatik “Botanik” Gapoktan Al- Barokah di Kabupaten Bondowoso. J. Sosial Ekonomi Perempuan. 13 (1) : 38- 52.

Hasbi, A. R., Padapi, A., & Dewi, S. R. (2021). Analisis Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pembelian Beras Di Kabupaten Luwu. AGROVITAL: Jurnal Ilmu Pertanian, 6(1), 26–29.

Herman, M. (2019). analisis faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli beras (studi kasus pada perum bulog divre NTB). Universitas Muhammadiyah Mataram.

L Arini, R. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keutusan Pembelin Berasa Di Kota Makassar. Skripsi, 51(1), 149.

SIRAIT, F. (2017). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Beras Organik (Studi Kasus : berastagi suprmarket, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara). Manajemen Agribisnis, 1–27. https://ci.nii.ac.jp/naid/40021243259/

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Published
2022-11-08
Abstract viewed = 208 times
Pdf downloaded = 193 times