ANALISIS USAHA BUDIDAYA IKAN NILA (Oreochromis Niloticus) DI DESA TITIAN MODANG KECAMATAN KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Reni Marnis Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Jamalludin Jamalludin Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Mashadi Mashadi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Usaha Budidaya, Ikan Nila, Biaya Pendapatan dan Efisiensi

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan di Desa Titian Modang Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi dari bulan Februari sampai dengan Juli 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pendapatan dan tingkat efisiensi budidaya ikan nila. Penelitian ini menggunakan Metode secara matematika, analisis yang digunakan adalah analisis biaya, pendapatan, dan analisis efisiensi. Hasil penelitian diperoleh biaya tetap atau penyusutan alat yang dikeluarkan rata-rata sebesar Rp. 160.481/produksi. Biaya variabel yang dikeluarkan rata- rata sebesar Rp. 21.925.052,-/produksi. Dengan demikian total biaya sebesar Rp.22.085.531. penerimaan kotor yang diperoleh rata-rata sebesar Rp. 40.300.000/produksi dengan keuntungan bersih rata-rata sebesar Rp.18.214.469,-/produksi, sedangkan tingkat efisiensi dengan nilai rata- rata sebesar 1,82. Artinya setiap biaya yang dikeluarkan Rp 1 untuk budidaya ikan nila akan mendapatkan pendapatan kotor Rp. 1,82 atau mendapatkan pendapatan bersih sebesar Rp. 0,82. Maka dapat disimpulkan budidaya ikan nila di Desa Titian Modang layak untuk dijalankan.

References

Amri,K, Khairuman. 2013. Budidaya Ikan Nila Secara Intensif. PT. Agromedia Pustaka. Jakarta.
Andayani, dan LA. 2013. Uji Empat Jenis Pupuk Kandang Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Keriting ( Capsicum annum L..) J. Agrifor.

Asri. 2013. Analisis Pendapatan Dan Efesiensi Usaha Budidaya Ikan Nila Merah (Oroechromissp) Dan Ikan Nila Biasa (Oroechoromis Niloticus) Pada Kolam Tenang Air Di Desa D Tegalrejo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawat Propinsi Sumutra Selatan.
Badan Pusat Statistik Kuantan Singingi. 2019. Produksi Perikanan Budidaya.
Chobiyah, Inti. 2001. Pembesaran Ikan Bawal Air Tawar. Balai Informasi Penyuluh Pertanian. Magelang.
Gaspersz, V. 1999. Ekonomi Manajerial Pembuatan Keputusan Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Fauzi A. 2010. Ekonomi Sumber daya Alam dan Lingkungan.Teori dan Aplikasi.
Soekartawi. 2006. Analisis Usahatani. UI Press. Jakarta.
Soekartawi. 1995. Analisis Usahatani. UI Press. Jakarta.

Sukirno, Sadono. 2013. Makroekonomi : Teori Pengantar. Jakarta : PT. raja grafindo persada
Published
2023-01-29