ANALISIS PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KALIGRAFI (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas IX C di MTs Ponpes Syafa’aturrasul)

  • Siti Nyaik Wulandari
  • Sopiatun Nahwiyah
  • Helbi Akbar
Keywords: Partisipasi Belajar

Abstract

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keoptimalan siswa dalam mata pelajaran Kaligrafi adalah partisipasi belajar. Berdasarkan tinjauan yang peneliti lakukan di Kelas IX C MTs Syafa’aturrasul, Batu Ampar, Beringin Teluk Kuantan, ditemukan permasalahan berikut: (1) Hasil belajar siswa tidak menonjol pada mata pelajaran Kaligrafi; (2) Siswa tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran Kaligrafi; (3) Siswa kurang disiplin dalam pembelajaran; (4) Rendahnya atensi terhadap materi yang diajarkan. Berdasarkan permasalahan di atas, perlu dilakukan suatu penelitian untuk dapat mengetahui bagaimana sebenarnya partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Kaligrafi tersebut. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Kaligrafi dan siswa kelas IX C MTs Pondok Pesantren Syafa’aturrasul, Batu Ampar, Beringin Teluk Kuantan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara via WhatsApp dengan fitur video call dikarenakan situasi pandemi COVID-19 serta dokumentasi beberapa dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Kaligrafi kelas IX di MTs Syafa’aturrasul, Batu Ampar, Beringin Teluk Kuantan adalah rendah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-13
Abstract viewed = 194 times
PDF downloaded = 132 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>