ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN SURAH ALI IMRAN AYAT 159-160 (Kajian Literatur terhadap Tafsir Ibnu Katsir)

  • Ulfi Nursyafitri Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Sopiatun Nahwiyah Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Helbi Akbar Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Pendidikan Akhlak, Tafsir Ibnu Katsir

Abstract

Menurut pandangan Islam, seorang Muslim idealnya berakhlak mulia sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad ﷺ sebagai role model atau figur percontohan. Namun, di saat ini justru dengan mudahnya kita temukan kaum Muslimin yang akhlaknya bertentangan dengan apa yang diteladankan oleh Nabi Muhammad ﷺ.  Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam perspektif Al-Quran surah Ali-Imran ayat 159-160 berdasarkan Kajian Tafsir Ibnu Katsir. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) di mana subjek yang diteliti adalah Al-Qur’an surah Ali Imran ayat 159-160 dengan objek nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung di dalamnya dari perspektif kitab tafsir Ibnu Katsir. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah Miles and Huberman dibantu dengan penggunaan Metode Tahlili. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung di dalam surah Ali Imran ayat 159-160 adalah akhlak “berlemah lembut” dan “tawakkal kepada Allah”. Adapun akhlak “berlemah lembut” memiliki turunan akhlak lahiriah yaitu “bertutur kata yang baik”, “mudah memaafkan”, “memohonkan ampun atau mendo’akan kebaikan bagi orang lain” dan “mau bermusyawarah” serta “bertawakkal”.

Published
2024-02-07