PENGARUH MODEL JOYFUL LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS III DI SD NEGERI 004 KOTO KOMBU

  • Irmawati Irmawati Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Helbi Akbar Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ikrima Mailani Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Model Joyful Learning; Motivasi Belajar

Abstract

Model Joyful Learning adalah pembelajaran yang didalamnya terdapat keterkaitan antara pendidik dan peserta didik dimana penciptaan lingkungan pembelajaran yang dibuat menyenangkan dan merangsang anak untuk belajar dengan suasana kelas yang diciptakan penuh kegembiraan sehingga membawa kegembiraan pula dalam belajar. Maka joyfull learning dikatakan mempengaruhi motivasi belajar pada siswa. Dalam pra Penelitian di SD Negeri 004 Koto Kombu, Kec. Hulu Kuantan Kab.Kuantan Singingi Selama proses pembelajaran guru menerapkan pembelajaran menyenangkan (joyful learning) namun masih terdapat siswa yang kurang memperhatikan guru dalam proses belajar mengajar, masih ada siswa yang belum memiliki keberanian dalam menyampaikan pendapat, Pengetahuan yang diterima oleh siswa cenderung tidak bertahan lama dan masih ada siswa yang tidak bertanya tentang pelajaran yang belum di pahami. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model Joyful Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran agama islam dan budi pekerti kelas III di SD Negeri 004 Koto Kombu Kec. Hulu Kuantan Kab. Kuantan Singingi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif kausal dengan sampel penelitian berjumlah 14 orang dan 1 orang guru pendidikan Agama Islam dan budi pekerti. Adapun teknik pengumpulan data primer yang digunakan yaitu angket dan untuk pengumpulan data sekunder yang di gunakan yaitu wawancara,observasi, serta dokumentasi. HasilĀ  penelitian menunjukkan bahwa model joyful learning berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas III di SD Negeri 004 Koto Kombu dengan nilai signifikansi(Sig.) 0,002 lebih kecil dari probalitas 0,05 atau 0,002< 0,05. Demikianlah dengan nilai t hitung 3,958 lebih besar dari nilai t tabel 0,5324. Maka terdapat pengaruh model joyful learning terhadap motivasi belajar siswa.

Published
2024-02-07