PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FACILLITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN PRESTARSI BELAJAR SISWA KELAS VII A PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTS TI KOTO LUBUK JAMBI KECAMATAN KUANTAN MUDIK
Abstract
Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam KuantanS ingingi. Menerapkan strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran merupakan suatu cara yang sangat mudah untuk mencapai tujuan pembelajaran. Di proses belajar mengajar perlu memperhatikan srtategi yang digunakan , agar materi yang disampaikan lebih mudah diserap atau ditangkap pesertadidik. Strategi pemebelajaran yang digunakan guru harus bertitik tolak dari tujuan pembelajaran yang berhasil dan berdaya guna, sebab strategi pembelajaran pada dasarnya adalah suatu rencana untuk mencapai tujuan. Adapun tujuan dalam penelitian ini 1).Untuk mengetahui bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Facilitator And Explaining Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII A Pada Mata Pelajaran SKI Di MTs TI Koto Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik. 2). Untuk mengetahui peningkatan Penerapan Strategi Pembelajaran Facilitator And Explaining Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII A Pada Mata Pelajaran SKI Di MTs TI Koto Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik. Berdasarkan hasil analisa data penelitian penulis tentang Penerapan Strategi Pembelajaran Facilitator And Explaining Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII A Pada Mata Pelajaran SKI Di MTs TI Koto Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik dapat penulis simpulkan dari pratindakan sampai siklus II mengalami peningkat yaitu PraTindakan mencapai 45%, Siklus I mencapai 50,45 %, dan Siklus II mencapai 73, %. Kemudian peningkatan Penerapan Strategi Pembelajaran Facilitator And Explaining Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII A Pada Mata Pelajaran SKI Di MTs TI Koto Lubuk Jambi kecematan kuantan mudik yaitu ada peningkatan mulai dari Pra Tindakan sampai siklus II mengalami peningkatan yaitu dengan dibuktikan dengan persentase prestasi siswa, adapun pra tindakan persentasenya 45 %, siklus I persensenya 50,45 % dan siklus II mengalami peningkatan dengan persentasenya 73 %