PENGARUH STRATEGI PERMAINAN BINGO TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA (Pada Mata Pelajaran PAI-BP Kelas XI di SMAN Pintar Riau)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kecerdasan untuk mengelola kondisi emosional. Khususnya bagi para remaja sangat memerlukan pembinaan kecerdasan emosional, karena masa remaja sangat rentan dengan emosi yang tidak stabil, baik di sekolah maupun luar sekolah. Anak remaja selalu mudah tersinggung, mudah marah dan sulit untuk mengendalikan diri. selain itu untuk menghantarkan seseorang menuju kesuksesannya perlu diringi dengan kecerdasan emosional yang baik. Salah satu upaya yang dapat menumbuhkan dan meningkatkan kecerdasan emosional siswa adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran permainan bingo. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi permainan bingo terhadap kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran PAI-BP Kelas XI di SMAN Pintar Riau. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis asosiatif kausal, yang dilaksanakan di SMA Negeri Pintar Riau. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan instrument berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Permainan Bingo, pada uji signifikansi ditemukan persamaan bahwa nilai (sig.) 0,027 < dari probabilitas 0,05 sehingga disimpulkan terdapat pengaruh variabel X terhadap Y.