PENGARUH STRATEGI PERMAINAN BINGO TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA (Pada Mata Pelajaran PAI-BP Kelas XI di SMAN Pintar Riau)

  • Agus Malini Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Zulhaini Zulhaini Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Andrizal Andrizal Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Metode Giving Question And Getting Answer, Keaktifan Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kecerdasan untuk mengelola kondisi emosional. Khususnya bagi para remaja sangat memerlukan pembinaan kecerdasan emosional, karena masa remaja sangat rentan dengan emosi yang tidak stabil, baik  di  sekolah  maupun  luar  sekolah.  Anak  remaja selalu  mudah tersinggung, mudah marah dan sulit untuk mengendalikan diri. selain itu untuk menghantarkan seseorang menuju kesuksesannya perlu diringi dengan kecerdasan emosional yang baik. Salah satu upaya yang dapat menumbuhkan dan meningkatkan kecerdasan emosional siswa adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran permainan bingo. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi permainan bingo terhadap kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran PAI-BP Kelas XI  di SMAN Pintar Riau. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis asosiatif kausal, yang dilaksanakan di SMA Negeri Pintar Riau. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan instrument berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Permainan Bingo, pada uji signifikansi ditemukan persamaan bahwa nilai (sig.) 0,027 < dari probabilitas 0,05 sehingga disimpulkan terdapat pengaruh variabel X terhadap Y.

Published
2024-02-07