STRATEGI SISWA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SELF REGULATED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI MIPA 2 DI SMA NEGERI 1 SINGINGI KEC. SINGINGI KAB. KUANTAN SINGINGI

  • Allaili Hidayah Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Sopiatun Nahwiyah Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ikrima Mailani Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Self Regulated Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Self Regulated Learning sebagai kecakapan mengatur diri dalam aktivitas belajar. Berdasarkan pra penelitian di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Singingi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, ditemukan gejala kurangnya disiplin dalam pengumpulan tugas, penguasaan materi pelajaran, aktif dalam tanya jawab, kegigihan dalam belajar dan kesiapan siswa dalam menghadapi materi pelajaran yang dianggap sulit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi siswa dalam meningkatkan kemampuan Self Regulated Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Singingi. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah Miles and Huberman yang diperkuat pendekatan Triangulasi Data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi siswa dalam meningkatkan kemampuan Self Regulated Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI MIPA2 di SMA Negeri 1 Singingi secara umum dikatakan baik. Hal ini dikarenakan dari sepuluh sub variabel dalam teori, enam di antaranya sudah ideal sesuai teori tersebut. Sedangkan empat sub variabel lainnya masih belum ideal sesuai teori dan perlu ditingkatkan lagi.

Published
2024-02-07