PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER BELAJAR BAGI ANAK

PKM

  • Irfandi Irfandi
  • Ahmad Mualif
  • Alhairi Alhairi
  • Helbi Akbar
  • Ikrima Mailani
  • Jumriana Rahayu Ningsih
  • Dwi Putri Musdansi
  • Nofri Yuhelman
  • Rosa Murwindra
Keywords: Belajar, Media, Pendidikan, Teknologi

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat merubah pendidikan ke arah digital. Perubahan ini menuntut seluruh stakeholder pendidikan untuk memiliki keterampilan menggunakan teknologi tersebut. Melalui Pendidikan dapat dihasilkan generasi penerus bangsa yang merupakan inovator handal dan kreatif yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai sumber belajar dan sarana yang dapat dijadikan sarana pembelajaran. Guru dan siswa membutuhkan teknologi informasi untuk melaksanakan pembelajaran. Teknologi informasi sangat berguna dan memudahkan anak-anak dalam mempelajari dan mendalami materi. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini diberikan pelatihan kepada anak-anak rumah tahfidz banjar benai bagaimana menggunakan teknologi sebagai sumber dan media pembelajaran yang benar agar perkembangan teknologi memiliki dampak yang positif. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode sosialisasi dan pelatihan. Pemberian pertanyaan diakhir kegiatan dilakukan sebagai pengukur keberhasilan kegiatan yang dilakukan. Tingkat keberhasilan dari kegiatan ini mencapai 90% yang dapat dilihat dari jumlah pertanyaan yang mampu dijawab oleh peserta

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT, 14(1), 65–78.

Ball, A., Joyce, H. D., & Anderson-butcher, D. (2016). Exploring 21st Century Skills and Learning Environments for Middle School Youth Exploring 21st Century Skills and Learning Environments for Middle School Youth. 1(1).

Blake, R. H., & and Haroldsen, E. O. (2003). Taksonomi Konsep Komunikasi. Cetakan Ke-1. Terj. Hasan Bahanan. Papyrus.

Etika Widi Utami. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA, 471–479.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.

Indartiwi, A., Wulandari, J., & Novela, T. (2018). PERAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DI ERA. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Strategi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Era Revolusi Industri 4.0,” 28–31.

Kholisho, Y. N., Desi, B., Arianti, D., & Wirasasmita, R. H. (2021). Pelatihan Pembuatan dan Editing Video Bagi Guru SD untuk Menghadapi Era Industri 4 . 0. 2(1), 119–127. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3586

Koehler, M., & Mishra, P. (2009). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge ? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 576–583.

Martin, Y., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar. Ranah Research : Journal Of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 242–246.

Miftah, M. (2014). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR SISWA. Jurnal KWANGSAN, 2(1), 1–11.

Minovic, M. (2012). TRAILER project overview: Tagging, recognition and acknowledgment of informal learning experiences.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru. Referensi.

Myori, D. E., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (JURNAL TEKNIK ELEKTRO DAN VOKASIONAL), 5(2), 102–109.

Purwandini, D. A., Komunikasi, D. I., Sosial, F. I., Politik, I., & Indonesia, U. (2018). KOMUNIKASI KORPORASI PADA ERA INDUSTRI 4.0. Jurnal Ilmu Sosial, 17(1), 53–63.

Samsuri, T., Muliadi, A., Asy, M., & Prayogi, S. (2020). Pelatihan desain media interaktif pada pembelajaran daring bagi dosen pendidikan biologi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 64–69. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2745

Soemantri, S. (2019). Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Digital. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Sopiah, C. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. Journal Jendela Bunda PG PAUD UMC2, 8(2), 21--31.

Tekege, M., Studi, P., Informatika, T., Satya, U., Mandala, W., & Informasi, T. (2019). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi. Penerapan Sistem Bisnis Keuangan dalam Mendukung Society. 23–34.

Utomo, K. D., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas IV SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 1–9.

Wiryany, D., Idris, A. Y., & Ferdiansyah, J. (2019). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi. Penerapan Sistem Bisnis Keuangan dalam Mendukung Society 5.0. 23–34.

Zaini, M., & Soenarto. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Persepsi Orangtua terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254–264. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127

Published
2023-06-26
How to Cite
Irfandi, I., Mualif, A., Alhairi, A., Akbar, H., Mailani, I., Rahayu Ningsih, J., Putri Musdansi, D., Yuhelman, N., & Murwindra, R. (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER BELAJAR BAGI ANAK: PKM. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 74 - 79. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v3i1.3092
Abstract viewed = 515 times
PDF downloaded = 199 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>