PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER BELAJAR BAGI ANAK
PKM
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat merubah pendidikan ke arah digital. Perubahan ini menuntut seluruh stakeholder pendidikan untuk memiliki keterampilan menggunakan teknologi tersebut. Melalui Pendidikan dapat dihasilkan generasi penerus bangsa yang merupakan inovator handal dan kreatif yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai sumber belajar dan sarana yang dapat dijadikan sarana pembelajaran. Guru dan siswa membutuhkan teknologi informasi untuk melaksanakan pembelajaran. Teknologi informasi sangat berguna dan memudahkan anak-anak dalam mempelajari dan mendalami materi. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini diberikan pelatihan kepada anak-anak rumah tahfidz banjar benai bagaimana menggunakan teknologi sebagai sumber dan media pembelajaran yang benar agar perkembangan teknologi memiliki dampak yang positif. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode sosialisasi dan pelatihan. Pemberian pertanyaan diakhir kegiatan dilakukan sebagai pengukur keberhasilan kegiatan yang dilakukan. Tingkat keberhasilan dari kegiatan ini mencapai 90% yang dapat dilihat dari jumlah pertanyaan yang mampu dijawab oleh peserta
Downloads
References
Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT, 14(1), 65–78.
Ball, A., Joyce, H. D., & Anderson-butcher, D. (2016). Exploring 21st Century Skills and Learning Environments for Middle School Youth Exploring 21st Century Skills and Learning Environments for Middle School Youth. 1(1).
Blake, R. H., & and Haroldsen, E. O. (2003). Taksonomi Konsep Komunikasi. Cetakan Ke-1. Terj. Hasan Bahanan. Papyrus.
Etika Widi Utami. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA, 471–479.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.
Indartiwi, A., Wulandari, J., & Novela, T. (2018). PERAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DI ERA. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Strategi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Era Revolusi Industri 4.0,” 28–31.
Kholisho, Y. N., Desi, B., Arianti, D., & Wirasasmita, R. H. (2021). Pelatihan Pembuatan dan Editing Video Bagi Guru SD untuk Menghadapi Era Industri 4 . 0. 2(1), 119–127. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3586
Koehler, M., & Mishra, P. (2009). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge ? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 576–583.
Martin, Y., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar. Ranah Research : Journal Of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 242–246.
Miftah, M. (2014). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR SISWA. Jurnal KWANGSAN, 2(1), 1–11.
Minovic, M. (2012). TRAILER project overview: Tagging, recognition and acknowledgment of informal learning experiences.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru. Referensi.
Myori, D. E., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (JURNAL TEKNIK ELEKTRO DAN VOKASIONAL), 5(2), 102–109.
Purwandini, D. A., Komunikasi, D. I., Sosial, F. I., Politik, I., & Indonesia, U. (2018). KOMUNIKASI KORPORASI PADA ERA INDUSTRI 4.0. Jurnal Ilmu Sosial, 17(1), 53–63.
Samsuri, T., Muliadi, A., Asy, M., & Prayogi, S. (2020). Pelatihan desain media interaktif pada pembelajaran daring bagi dosen pendidikan biologi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 64–69. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2745
Soemantri, S. (2019). Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Digital. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).
Sopiah, C. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. Journal Jendela Bunda PG PAUD UMC2, 8(2), 21--31.
Tekege, M., Studi, P., Informatika, T., Satya, U., Mandala, W., & Informasi, T. (2019). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi. Penerapan Sistem Bisnis Keuangan dalam Mendukung Society. 23–34.
Utomo, K. D., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas IV SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 1–9.
Wiryany, D., Idris, A. Y., & Ferdiansyah, J. (2019). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi. Penerapan Sistem Bisnis Keuangan dalam Mendukung Society 5.0. 23–34.
Zaini, M., & Soenarto. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Persepsi Orangtua terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254–264. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127
Copyright (c) 2023 Irfandi Irfandi, Ahmad Mualif, Alhairi Alhairi, Helbi Akbar, Ikrima Mailani, Jumriana Rahayu Ningsih, Dwi Putri Musdansi, Nofri Yuhelman, Rosa Murwindra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.