Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan(Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas VIII 1 MTS Baiturrahman Beringin Teluk Kuantan)

  • Ari Syahputra Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Bustanur Bustanur Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Sopiatun Nahwiyah Nahwiyah Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Model Pembelajaran, Kooperatif, Tipe Jigsaw, Keaktifan, Belajar

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi beberapa gejala bahwa selama guru bidang studi menggunakan beberapa metode yaitu: Metode ceramah, tanya jawab, dan membaca teks, namun masih ada siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran, dari hasil wawancara tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa permasalahan yang ditemukan adalah masalah keaktifan belajar siswa. Subjek penelitian seluruh siswa VIII 1 berjumlah 8 orang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan isalam pada siswa kelas VIII 1 MTS Baiturahman Beringin Teluk Kuantan. Berdasarkan hasil analisis data yang penulis lakukan dengan menggunakan grafik dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berjalan dengan baik dimana guru beserta siswa mampu menerapkannya dalam pembelajaran sesuai langkah-langkah yang telah ditentukan. Dibuktikan dengan prasiklus 41, 25%. Pada siklus I Nilai rata-rata keaktifan belajar siswa menjadi 61,25%. Pada siklus II Nilai rata-rata keaktifan belajar siswa menjadi 82,50%. Pada siklus III Nilai rata-rata keaktifan belajar siswa naik menjadi 95%.

Published
2024-02-07