PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Pada Mata Pelajaran PAI-BP Kelas VII di SMPN 1 Kuantan Hilir Seberang)

  • Dodi Indrawan Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ikrima Mailani Universitas Islam Kuantan Singingi
  • A Mualif Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check; Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti ditandai dengan kurangnya pengetahuan siswa setelah pemberian tugas oleh guru pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti, dan rendahnya kemampuan siswa dalam memahami pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti. Dan guru masih menggunakan model pembelajarn konvesional salah satunya metode ceramah. upaya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah peneliti melakukan eksperimen dikelas VII-2 dengan menggunakan model pembelajaran yang lebih modern, salah satu contohnya model pembelajaran kooperatif tipe pair check, dan dikelas VII-1 kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe pair check terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VII SMPN 1 Kuantan Hilir Seberang, Berdasarkan hasil penelitian untuk mengetahui pengaruh hasi belajar PAI peserta didik menggunakan uji t-test. Hasil analisis data yaitu Thitung   = 0,456 < Ttabel = 2,030 dan Sig. = 0,651 > 0,05 maka HO diterima dan HI dotolak sehingga disimpulkan tidak terdapat pengaruh variabel X terhadap Y.

Published
2024-02-07