PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIK LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX Di SMP Muhammdiyah 1 Teluk Kuantan)

  • Infanzha Akbarriadi Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Andrizal Andrizal Universitas Islam Kuantan Singingi
  • A Mualif Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Pendekatan Scientifik Learning, Motivasi Belajar

Abstract

Pendekatan Scientifik Learning merupakan salah satu upaya agar dapat meningkatkan motivasi belajar pada setiap siswa. Namun berdasarkan hasil wawancara pada proses belajar berlangsung masih ada siswa yang memiliki motivasi yang rendah. Berdasarkan latar belakang, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendekatan Scientifik Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa saat melaksanakan pembelajaran di kelas. Penelitian ini berjenis kuantitatif, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket sebagai sumber data primer. Sedangkan observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data sekunder. Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana yang kemudian diolah menggunakan Software SPSS 26.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Thitung sebesar 3.804 yang mana lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,069. Dan nilai signifikansi (Sig.) yakni 0,001 lebih kecil dari probabilitas sebesar 0,05 atau 0,001 < 0,05. Serta dilihat dari nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,386 atau jika di pensentasekan besaran pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu 38,6%. Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh Pendekatan Scientifik Learning terhadap Motivasi Belajar siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Teluk Kuantan.   

Published
2024-02-26