PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas Xi Mipa 3 Di Sman 1 Inuman)

  • Jannatul Dakwa Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Sopiatun Nahwiyah Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ikrima Mailani Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Metode Pembelajaran Active Debate; Keaktifan Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada kelas XI MIPA 3 di SMAN 1 Inuman. Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah rendahnya Keaktifan belajar siswa. Inti kajian dalam penelitian ini difokuskan pada salah satu faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa yaitu metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode pembelajaran active debate terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI MIPA 3 di SMAN 1 Inuman jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif kausal dengan sampelĀ  penelitian 26 siswa dan siswi. Adapun teknik pengumpulan data primer yang digunakan adalah angket dan untuk pengumpulan data sekunder yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana yang kemudian di olah menggunakan software SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran active debate tidak berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas XI MIPA 3 di SMAN 1 Inuman. Tidak adanya pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 0,912 yang mana lebih kecil < dari pada nilai t tabel 2,064. Dan nilai signifikansi (Sig.) yakni sebesar 0,371 lebih besar dari probalitas 0,05 atau 0,371 > 0,05 yang menandakan bahwa tidak ada pengaruh variabel X terhadap variabel Y.

Published
2024-02-07