PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTU MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV ZAINAB MI ISTIQOMAH SAKO

  • Nadia Amanda Cia Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ikrima Mailani Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Alhairi Alhairi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Example Non Example, Flash Card, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas IV Zainab di MI Istiqomah Sako pada mata pelajaran Akidah Akhlak yang masih banyak di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Maka dibutuhkan suatu penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar tersebut, yakni model pembelajaran Example Non Example yang berbantu media flash card. Model pembelajaran ini secara teoritis dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena guru akan memberikan contoh atau perumpamaan terkait materi pembelajaran menggunakan media gambar yang disajikan melalui kartu atau flash card. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Example Non Example berbantu media flash card dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK ) yang dilaksanakan dalam dalam dua siklus dengan subjek adalah siswa kelas IV Zainab di MI Istiqomah Sako yang berjumlah 19 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase peningkatan dari 26,31% pada pra siklus menjadi 57,89% di siklus I. Kemudian meningkat lagi menjadi 89,47% di siklus II.

Published
2024-02-07