PENGARUH PELAKSANAAN STANDAR PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI ATPH DI SMK NEGERI 1 LOGAS TANAH DARAT KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Ravina Darma Sari Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Zulhaini Zulhaini Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Sopiatun Nahwiyah Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Pelaksanaan Standar Proses; Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya Hasil  Belajar siswa seperti nilai tidak mencapai KKM, padahal pembelajaran yang dilaksanakan sudah sesuai standar proses yang ada. Seharusnya jika pembelajaran sudah menggunakan standar proses yang tepat maka hasil belajar anak akan bagus, namun sebaliknya hasil belajar anak masih rendah. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh pelaksanaan Standar Proses terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI-BP Kelas XI ATPH Di SMK Negeri 1 Logas Tanah Darat Kab.Kuantan Singingi. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan jenis asosiatif kausal, yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Logas Tanah  Darat  Kabupaten Kuantan Singingi, jumlah populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI ATPH yang berjumlah 22  siswa sebagai responden pada penelitian ini  dan penarikan sampel dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling (Sampling Purposive). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana yang diolah menggunakan software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh  yang signifikan dari Pelaksanaan Standar Proses, pada uji signifikansi ditemukan persamaan bahwa nilai (sig.) 0,000 < dari probabilitas 0,05  sehingga disimpulkan tidak  terdapat pengaruh variabel X  terhadap Y.

Published
2024-02-07