PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV SD-IT ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ DESA LOGAS KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Sri Wulandari Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Sopiatun Nahwiyah Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Zulhaini Zulhaini Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Metode Demonstrasi Berbantu Media Audiovisual, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian metode demonstrasi berbantu media audiovisual merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu fiqih. Hal ini dilakukan karena masih rendahnya hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari nilai siswa yang tidak mencapai KKM, Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana pada penelitian ini terdapat III siklus dengan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: pada kegiatan pra siklus yang dilakukan oleh peneliti nilai rata-rata hasil belajar siswa hanya 71,68 atau 40% saja, kemudian peneliti melakukan tindakan siklus I yang mana nilai rata-rata hasil belajar siswa mulai meningkat yaitu 74,8 atau 60%, lalu mengalami peningkatan kembali pada siklus II yaitu 77,2 atau 72%, kemudia pada siklus terakhir atau siklus III meningkat kembali yaitu 80,8 atau 84%. Pada saat penerapan metode demonstrsi berbantu media audio visual siklus I peneliti telah menerapkan langkah-langkah tersebut dengan benar dan sudah 6 item atau 60% yang terlaksana dan hanya 4 item atau 40% yang belum terlaksana. Pada siklus II peneliti sudah terlaksana 8 item atau 80% sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan yaitu sudah 10 item atau 100%.

Published
2024-02-07