PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS XI 1 SMAN 2 SINGINGI

  • Syamsul Arifin Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ikrima Mailani Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Alhairi Alhairi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Scramble; Model Pembelajaran; Kurikulum Merdeka

Abstract

Pendidikan merupakan sarana penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mencapai pembangunan negara yang berkelanjutan. Penelitian ini dilatarbelakangi kurang maksimal dalam bekerjasama dengan kelompoknya, kurangnya kedisiplinan dalam mengerjakan tugas, Ada siswa yang tidak cukup terlibat untuk berpikir secara mendalam Memecahkan masalah dalam belajar secara berkelompok. Subyek penelitian ini adalah guru PAI BP, siswa kelas XI 1 dan Kepala Sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble  Pada  Mata  Pelajaran  Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas XI 1 SMAN 2 Singingi Kecamatan Singingi  Kabupaten Kuantan Singingi. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis Deskriptif Kualitatif.  Hasil menunjukkan aktifitas guru dalam Penerapan model pembelajaran Scramble pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI 1 SMAN 2 Singingi adalah  guru menyajikan materi yang dipelajari, kemudian membagikan lembar pekerjaan kepada siswa, siswa menjawab pertanyaan dan mulai Bekerja, guru memeriksa pekerjaan siswa dan guru memberi apresiasi kepada siswa yang telah mengerjakan pekerjaan dengan baik dan memberi semangat kepada siswa yang tidak mengerjakan pekerjaan dengan baik. Faktor yang menyebabkan siswa kurang terlibat dalam pembelajaran adalah faktor minat, kemauan belajar, Psikologi dan pemikiran.

Published
2024-02-07