HUBUNGAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS IX SMPN 4 PANGEAN

  • Syarwan Suhada
  • Zulhaini Zulhaini
  • Sopiatun Nahwiyah

Abstract

Metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here adalah salah satu strategi dalam model pembelajaran aktif (Active Learning). “Strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here adalah strategi pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dengan maksud meminta peserta didik untuk  semuanya berperan menjadi narasumber terhadap semua temannya dikelas belajar. Dalam pra Penelitian di SMPN 4 Pangean selama proses pembelajaran guru menerapkan pembelajaran menyenangkan (Everyone is A Teacher Here) namun masih terdapat Siswa sering terlambat datang kesekolah, sering mengantuk ketika proses belajar mengajar, sering keluar masuk ketika proses pembelajaran, masih banyak yang kurang memperhatikan guru, masih sering menyontek ketika ada tugas sekolah, masih sering bermain-main dan berbicara dengan temannya ketika proses pembelajaran, masih dijumpai menggambar dibuku pelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui  hubungan motivasi belajar Siswa menggunakan Metode Everyone is A Teacer Here  pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti siswa kelas IX SMPN 4 Pangean dengan jumlah sampel 17 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, dan teknik analisis data Korelasi Product Moment karena dua variabel yang berhubungan  yang merupakan suatu teknik statistik yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara dua variabel atau lebih yang bersifat kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Metode Everyone is A Teacer Here dikelas IX SMPN 4 Pangean memiliki hubungan terhadap Motivasi Belajar Siswa sebesar 92% dikategorikan sangat kuat, dan terdapat pengaruh yang signifikan Metode Everyone is A Teacer Here terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas IX SMPN 4 Pangean, sebab rhitung (0,920) > rtabel 5% (0,482) dan 1% (0,606). Dari hasil interpretasi koefisien korelasi menunjukkan tingkat hubungan kedua variabel pada kategori sangat kuat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-07
Abstract viewed = 129 times
PDF downloaded = 28 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>