PENGARUH PENDEKATAN HUMANISTIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS IX PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP N 6 DESA MUARA BAHAN

  • Triya Agustina Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Andrizal Andrizal Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ikrima Mailani Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Pendekatan Humanistik, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu hal yang dapat membantu kesuksesan penyelenggaraan pembelajaran adalah motivasi belajar. Salah satu hal yang dapat membantu kesuksesan penyelenggaraan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah motivasi belajar. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan humanistik terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX di SMP N 6 Muara Bahan. Berdasarkan latar belakang dan fenomena di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pendekatan humanistik terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kela IX di SMP N 6 Muara Bahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan level explanation asosiatif kausal, yang dilaksanakan di SMP N 6 Muara Bahan Kecamatan Singingi Hilir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan instrumen berupa angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana yang diolah menggunakan soffware SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari pendekatan humanistik, pada uji signifikansi ditemukan persamaan bahwa nilai (sig.) 0,01<probabilitas 0,05 sehingga disimpulkan ada terdapat pengaruh variabel X terhadap Y.

Published
2024-02-07