PENGARUH PEMBELAJARAN MICRO TEACHING TERHADAP SIKAP PERCAYA DIRI MELAKSANAKAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM KUANTAN SINGINGI

  • Wilda Vionita Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Andrizal Andrizal Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Helbi Akbar Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Pembelajaran Micro Teaching, Sikap Percaya Diri

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu permasalahan yang terjadi di kelas V MIS Sirojuttholibin pada mata pelajaran Akidah Akhlak, yang diantaranya yaitu keaktifan belajar siswa yang masih rendah dari kelas-kelas yang lainnya dan juga peserta didiknya kurang aktif didalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan metode pembelajaran giving question and getting answer untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V pada mata pelajaran akidah akhlak di MIS Sirojuttholobin Desa Simpang Raya Kecamatan Singingi Hilir. Pembelajaran Micro Teaching merupakan salah satu upaya agar dapat meningkatkan rasa percaya diri pada setiap  calon pendidik  maupun  bagi para pendidik  di lapangan. Namun berdasarkan hasil observasi pada saat kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa kelas A prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2019 Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Kuantan Singingi masih merasa canggung atau kurang percaya diri dalam proses mengajar, kurangnya kesiapan mahasiswa menguasai materi dalam proses  pembelajaran  micro teaching dan masih ada mahasiswa yang ragu-ragu dan tidak melakukan umpan balik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran micro teaching berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap percaya diri melakukan kegiatan praktik mengajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Kuantan Singingi. Penelitian ini berjenis kuantitatif, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan instrumen berupa angket sebagai sumber data primer. Sedangkan observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan untuk data sekunder (pendukung). Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana yang kemudian diolah menggunakan Softwere SPSS 26.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t hitung sebesar 6,564 yang mana lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,0596. Dan nilai Signifikansi (Sig.) yakni 0,000 lebih kecil dari probabilitas sebesar 0,05 atau 0,000 < 0,05. Serta dilihat dari nilai Koefisien Determinasi (R Squere) sebesar sebesar 0,633 atau jika di persentasekan besaran pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu 63,3%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran micro teaching terhadap sikap percaya diri mahasiswa kelas A prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2019 Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Kuantan Singingi.

Published
2024-02-07