PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM AQZIA TELUK KUANTAN

  • Cania Tetra Putri Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ikrima Mailani Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Alhairi Alhairi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Aplikasi Canva, Minat Belajar, Siswa

Abstract

Hasil belajar siswa kelas V A dan V B mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam  Aqzia Teluk Kuantan masih tergolong rendah. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya penggunaan media pembelajaran dan lingkungan belajar siswa. Salah satunya dengan media pembelajaran berbasis aplikasi Canva. Dengan adanya media pembelajaran berbasis aplikasi canva diharapkan dapat meningkatkan minat belajar yang tinggi dan lingkungan belajar yang kondusif, tentunya berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah ada pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Islam Aqzia Teluk Kuantan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode Kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental Design). Populasi dalam penelitian ini adalah V A dan V B mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam  Aqzia Teluk Kuantan yang berjumlah 22 siswa perkelas. pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Data tentang penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi canva dan minat belajar dikumpulkan melalui kuesioner, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui dokumentasi saat pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat nilai rata-rata pre-test kelas VA sebesar 52,18 dan kelas VB sebesar 52,06. berdasarkan hasil post-test diperoleh hasil nilai rata-rata kelas VA adalah 55,50 dan untuk kelas VB diperoleh 52,32. Berdasarkan nilai rata-rata tersebut, disimpulkan bahwa kelas yang penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Canva memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dan mengalami peningkatan jika dibandingkan nilai rata-rata kelas yang hanya menerapkan pembelajaran konvensional yang menggunakan Power Point saja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-12
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>