ANALISIS IMPLEMENTASI TAKSONOMI BLOOM PADA INTRUMEN TES KOGNITIF (Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas XI MA Plus Ulil Albab Kec. Inuman)

  • Sarikah Sarikah Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Andrizal Andrizal Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ahmad Mualif Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Taksonomi Bloom, Intrumen Tes, Kognitif

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta teoritis bahwa norma di dalam Taksonomi Bloom mampu membantu seorang guru untuk pembuatan instrumen tes ranah kognitif, termasuk pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI MA Plus Ulil Albab Inuman. Namun berdasarkan hasil pra penelitian di sekolah tersebut, ditemukan adanya kesenjangan antara teori dan fakta di lapangan yang terlihat dari gejala-gejala sebagai berikut: (1) Sulitnya soal-soal tes dalam persepsi siswa, (2) Soal tidak sesuai dengan materi yang diajarkan, (3) Tidak ada kisi-kisi soal, (4) Hasil evaluasi yang dominan rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Taksonomi Bloom pada Intrumen Tes Kognitif Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas XI MA Plus Ulil Albab Kecamatan Inuman. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, intrumen tes kognitif dan peserta didik kelas XI MA Plus Ulil Albab Inuman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Taksonomi Bloom pada intrumen tes kognitif mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI MA Plus Ulil Albab Inuman sudah ideal, meski guru masih kurang mengerti dengan penerapan Taksonomi Bloom tersebut tetapi guru sudah membuat soal sesuai dengan teori yaitu menentukan tujuan pembelajaran, menentukan kompetensi yang ingin dicapai, menentukan aspek kognitif sesuai dengan klasifikasi Taksonomi Bloom dan menggunakan kata kerja operasional (KKO). Pada penyusunan intrumen soal Ujian Akhir Semester (UAS) genap diketahui dari 50 soal terdapat 18 soal pada tingkat C1, 17 soal pada tingkat C2, 11 soal pada tingkat C3, 6 soal pada tingkat C4 dan tidak ditemukannya tingkat kognitif pada level tinggi (high order thingking skills) yaitu C5 (evaluasi) dan C6 (mencipta).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-12
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2