PENERAPAN METODE MUROJA’AH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VIII2 DI MTs MUHAMMADIYAH LUBUK JAMBI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Penerapan Metode Muroja’ah Dapat Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VIII2 di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII2 yang berjumlah 28 orang. Objek dari penelitian ini adalah Penerapan Metode Muroja’ah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VIII2 Di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Tes dan Dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahap yaitu tahap pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Dalam proses menghafal peserta didik mengalami berbagai kendala seperti tidak semangat muroja’ah, tidak semangat menyetorkan hafalan, pemahaman setiap peserta didik yang berbeda sehingga mengakibatkan kurangnya dalam menghafal Al-Qur’an. Setelah dilaksanakannya tes pada setiap siklus maka penerapan metode muroja’ah dinyatakan dapat meningkatkan hafalan yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pra siklus 14%, pada siklus I menjadi 32%, pada siklus II menjadi 53% dan pada siklus III menjadi 67%.