PENGARUH METODE PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN (JUZ ‘AMMA) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VIII (Di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi Kec. Kuantan Mudik Kab. Kuantan Singingi)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya peserta didik yang belum memenuhi indikator karakter religius yang baik, seperti sholat belum tepat waktu, kurang bersabar serta masih suka mengharapkan imbalan ketika melakukan sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap pembentukan karakter religius siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen yang menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan model one-shot case study. Adapun sampel pada penelitian ini menggunakan sampel total sebanyak 85 peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang telah terkumpul selanjutnya dilakukan analisis uji instrumen, analisis uji prasyarat data dan analisis uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis dari penelitian menunjukkan bahwa metode Pembiasaan Membaca Al-Qur’an (Juz ‘Amma) berpengaruh secara signifikan terhadap pembentukan karakter religius siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi sebesar 30,3% dengan persamaan regresi linear sederhana yaitu Y= 19.998 + 0.563 X + e. Adapun faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi pembentukan karakter religius siswa yang tidak diteliti dalam penelitian ini yaitu berasal dari faktor internal berupa hereditas, tingkat usia, kepribadian. Serta faktor eksternalnya yaitu dari lingkungan keluarga dan masyarakat.