PENGARUH METODE PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN (JUZ ‘AMMA) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VIII (Di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi Kec. Kuantan Mudik Kab. Kuantan Singingi)

  • Asep Sunarto Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Andrizal Andrizal Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ahmad Mualif Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: metode pembiasaan membaca al-qur’an (juz ‘amma), karakter religius siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya peserta didik yang belum memenuhi indikator karakter religius yang baik, seperti sholat belum tepat waktu, kurang bersabar serta masih suka mengharapkan imbalan ketika melakukan sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap pembentukan karakter religius siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen yang menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan model one-shot case study. Adapun sampel pada penelitian ini  menggunakan sampel total sebanyak 85 peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang telah terkumpul selanjutnya dilakukan analisis uji instrumen, analisis uji prasyarat data dan analisis uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis dari penelitian menunjukkan bahwa metode Pembiasaan Membaca Al-Qur’an (Juz ‘Amma) berpengaruh secara signifikan terhadap pembentukan karakter religius siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi sebesar 30,3% dengan persamaan regresi linear sederhana yaitu Y= 19.998 + 0.563 X + e. Adapun faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi pembentukan karakter religius siswa yang tidak diteliti dalam penelitian ini yaitu berasal dari faktor internal berupa hereditas, tingkat usia, kepribadian. Serta faktor eksternalnya yaitu dari lingkungan keluarga dan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-12
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>