ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIIB DI MTs N 2 KUANSING
Abstract
Berdasarkan observasi awal di Kelas VII b MTs N 2 Kuansing ditemukan gejala-gejala dilapangan antara lain : 1) guru menyatakan belum memahami penerapan kurikulum merdeka secara praktek dalam pembelajaran akidah akhlak. 2) Sarana prasarana yang kurang memadai dalam menunjang proses pembelajaran seperti infokus. 3) Guru menyatakan siswa merasa kesulitan dalam proses pembelajaran dikarenakan adanya kebijakan baru dari kurikulum merdeka yang mengelompokkan siswa menjadi tipikal tinggi dan rendah. Penerapan Kurikulum Merdeka tentunya sangat penting dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Akidah Akhlak yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter dengan mengedepankan pembelajaran mandiri dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implemetasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran akidah akhlak kelas VII b di MTs N 2 Kuansing. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data dan conclusion (penarikan kesimpulan). Hasil Penelitian : Guru mata pelajaran akidah akhlak kelas VIIb MTs n 2 Kuansing telah melaksanakan kurikulum merdeka dalam pembelajaran. Namun, pelaksanaan/penerapan kurikulum merdeka ini perlu adanya peningkatan lebih baik lagi yang masih belum berjalan secara maksimal sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan kurikulum merdeka belajar.