PERSEPSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TENTANG KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA NEGERI 1 SENTAJO RAYA
Abstract
Pendidikan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Pendidikan sangat berperan penting dalam sebuah perubahan, baik itu secara individu maupun secara berkelompok, pendidikan sangat berdampak besar bagi pengaruh perkembangan masa depan.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi guru pendidikan agama islam dan budi pekerti tentang kurikulum erdeka belajar di SMA Negeri 1 Sentajo Raya. Jenis penelitian ini adalah kualitiatif deskriptif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di laksanakan di SMA Negeri 1 Sentajo Raya, bahwa persepsi guru pendidikan agama islam dan budi pekerti tentang kurikulum merdeka belajar secara keseluruhan memiliki persepsi yang baik. kurikulum merdeka memberikan kemudahandan keluasaan, bukan hanya pada pihak sekolah dan guru saja melainkan bagi siswa dalam meningkatkan perkembangan karakter dan minat belajarnya. Persepsi yang baik dan mendukung tersebut tercermin dari kesediaan para guru untuk mengikuti kebijakan terkait konsep kurikulum merdeka, khususnya guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang bahkan merasa terbantu dengan adanya kurikulum merdeka karena kurikulum ini lebih mengedepankan karakter baik peserta didik maupun guru.