PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP AKHLAK TERPUJI PESERTA DIDIK KELAS II DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH AL-HIDAYAH KECAMATAN SENTAJO RAYA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran Aqidah Akhlak dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik. Namun dalam hasil pra penelitian ditemukan bahwa peserta didik di MDTA Al-Hidayah Kecamatan Sentajo Raya kurang dalam menerapkan nilai-nilai akhlak terpuji tersebut pada kehidupan sehari-hari. Sedangkan guru telah melakukan tugas-tugasnya semaksimal mungkin dalam menyelenggarakan pembelajaran Aqidah Akhlak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Akhlak Terpuji Peserta Didik Kelas II MDTA Al-Hidayah Kecamatan Sentajo Raya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif kasual dengan jumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan sofware SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara Pelaksanaan Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Akhlak Terpuji Peserta Didik Kelas II Di MDTA Al-Hidayah Kecamatan Sentajo Raya. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 0,982 yang mana lebih kecil dari t tabel sebesar 2,086. Selain itu nilai Signifikansi (Sig) yakni sebesar 0,338 > 0,05 yang menandakan tidak ada Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Akhlak Terpuji Peserta Didik.