SISTEM INFORMASI PEMBANGUNAN DESA TANJUNG SIMANDOLAK BERBASIS WEB

  • Doni Kurniawan
Keywords: Sistem Informasi, PHP, MySQL, Database

Abstract

Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan jelas disebutkan bahwa desa berhak mendapatkan  akses  informasi  melalui  sistem  informasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota.  Desa Tanjung  Simandolak terletak di Kecematan Benai  Kabupaten Kuantan Singingi Propinsi Riau. Hasil pengumpulan data pada pemerintah dan masyarakat Tanjung Simandolak  menunjukkan beberapa  permasalahan  sebagai  berikut :  Masyarakat desa merasa sulit untuk mendapatkan informasi – informasi pembangunan desa  dari  pemerintah  Desa  Tanjung Simandolak, informasi  yang diberikan  kepada  masyarakat  kurang  jelas. Sejauh ini pengumpulan data pembangunan desa masih di lakukan secara manual,hal ini menyebabkan rawan terjadinya rawan kesalahan data yang tidak akurat. Dengan adanya sistem informasi yang dibuat maka dapat lebih mudah memberian informasi kepada masyarakata tanjung simandolak maupun masyarakat luar. Sistem ini juga dapat memberikan informasi tentang data penduduk tanjung simandolak ,Dapat mempromosaikan desa tanjung simandolak kepada masayarakat. Sebagai salah satu alat untuk transparasi penggunaan anggaran desa.

References

Al Fatta H. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Rico Renaldi Polii. 2017. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Desa Berbasis Web Model Government-to-Citizen. Jurnal Teknik Informatika, Vol. 12 No. 1 2017.

Hartono, Bambang. 2013. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.

Saputro D. 2011. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Kesehatan kependudukan Dikelurahan Candibinangun, Pakem, Sleman. [skripsi ilmiah]. Yogyakarta : STMIK AMIKOM.

Tata Sutabri. 2005. Analisis Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta
Published
2020-12-29