RANCANG BANGUN APLIKASI JASA LOUNDRY BERBASIS WEB STUDI KASUS GILANG LAUNDRY TALUK KUANTAN

  • Indah Permata Sari
Keywords: Laundry, Jasa Antar Jemput, Web, Gilang Laundry, Teluk Kuantan

Abstract

Gilang laundry merupakan usaha yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa pencucian/laundry di taluk kuantan yang menyediakan beberapa pilihan layanan seperti kiloan cuci dan setrika, setrika saja dan cuci saja dimana seluruh kegiatannya belum terkomputerisasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diketahui bahwa sistem transaksi yang sedang berjalan pada Gilang Laundry Teluk kuantan masih belum optimal dan ditemukan masalah seperti penumpukan arsip dan laporan, aliran informasi yang lambat, lambatnya proses pencarian data, dan rekap laporan transaksi yang sulit. Solusi untuk permasalahan tersebut berupa sebuah sistem informasi dengan berbasis web yang dapat diakses oleh pengguna tanpa batasan waktu dan tempat. Pemrograman dilakukan secara prosedural. Penelitian ini telah menghasilkan sebuah sistem antar jembput laundry yang dapat digunakan untuk mengelola layanan jasa laundry pada Gilang Laundry.

References

Ali Zaki, 2009, Kiat Jitu Membuat Website Tanpa Modal, Penerbit Elexmedia Komputindo, Jakarta

Arief, M.Rudyanto., 2011, Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MYSQL, Andi, Yogyakarta.

Asropudin. 2013. Kamus Teknologi Informasi Komunikasi. Bandung: CV. Titian Ilmu.

Astuti, P.D., “Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Jati Farma Arjosari,” Indones. J. Comput. Sci. - Speed 15, vol. 10, no. 1, pp. 140–145, 2013.

Lupiyoadi. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta:Salemba Empat.

Menurut Dipraja (2013:10) “website adalah tempat penyimpanan data dan informasi berdasarkan topic tertentu”.

Setiyawati, Y.D., Isnanto, R.R., dan Martono, K.T. Pembuatan Aplikasi Antar Jemput Laundry Berbasis Web Service pada Platform Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer Program Studi Sistem Komputer Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, page 150– 151. (2016).

Yuhefizar, (2012). Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan CMS Joomla Edisi Revisi. PT.Elex Media Komputindo, Jakarta
Published
2021-07-04