RANCANG BANGUN APLIKASI JASA LOUNDRY BERBASIS WEB STUDI KASUS GILANG LAUNDRY TALUK KUANTAN

  • Indah Permata Sari Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Laundry, Jasa Antar Jemput, Web, Gilang Laundry, Teluk Kuantan

Abstract

Gilang laundry merupakan usaha yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa pencucian/laundry di taluk kuantan yang menyediakan beberapa pilihan layanan seperti kiloan (cuci kering dan setrika, cuci kering dan lipat, setrika saja) dan cuci saja dimana seluruh kegiatannya belum terkomputerisasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diketahui bahwa sistem transaksi yang sedang berjalan pada Gilang Laundry Teluk kuantan masih belum optimal dan ditemukan masalah seperti penumpukan arsip dan laporan, aliran informasi yang lambat, lambatnya proses pencarian data, dan rekap laporan transaksi yang sulit. Solusi untuk permasalahan tersebut berupa sebuah sistem informasi dengan berbasis web yang dapat diakses oleh pengguna tanpa batasan waktu dan tempat. Sistem dibangun dengan metode waterfall yang terdiri dari tahapan analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian sistem. Pada tahap analisis, tools yang digunakan untuk pemodelan Unified Modeling Language (UML). Proses implementasi dilakukan dengan menggunakan database MySQL dan bahasa pemograman PHP dan javascript Pemrograman dilakukan secara prosedural. Hasil pengujian menunjukkan sistem yang dibangun telah sesuai dengan kebutuhan fungsional yang ditentukan. Penelitian ini telah menghasilkan sebuah sistem antar jembput laundry yang dapat digunakan untuk mengelola layanan jasa laundry pada Gilang Laundry.

References

Badan Pusat Statistik. (2000). Tingkat Kemiskinan Kabupaten (Penjelasan Ringkas). Jakarta.

Badan Pusat Statistik. (2005). Petunjuk Pendistribusian Kartu Kompensasi BBM 2005, Jakarta.

Haswan, F., & Nopriandi, H. (2020). Perancangan Model Sistem Informasi Penjualan Batik Kuansing. Jurnal Teknik Komputer, 6(2), 207-211.

Listiyono, Hersatoto. Rancang Bangun Sistem Informasi Penentuan Tingkat Kemiskinan Penduduk untuk Pronakis. Jakarta, 2012

Nugroho, Bunafit. Aplikasi Pemograman Web Dinamis dengan PHP dan Mysql.Yogyakarta : Gava Media,2014.

Rianse, Usman. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Teori dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta.
Published
2021-12-29