RANCANGAN SISTEM INFORMASI DAN PELAYANAN ADMINISTRASI PADA KANTOR DESA PASARBARU KECAMANTAN PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Herdendi Putra Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Sistem Informasi, Administrasi, Kantor Desa

Abstract

Desa Pasarbaru Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singing, Melalui administrasi dan pelayanan di Kantor desa masih menggunakan cara manual karena masih menggunakan buku dan proses pelayanan yang sangat lama. Selain itu selama pandemic covid-19 ini semua pelayanan dibatasi dalam sehari dan ini sangat merugikan masyarakat dalam mengurus surat-menyurat yang berhubungan dengan desa. Untuk mengurangi angka tersebut dibuatlah sebuah analisa permasalahan yang di ambil dari masalah yang ada dengan Rancangan Sistem Informasi Dan Pelayanan Administrasi Pada Kantor Desa Pasarbaru Kecamantan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi yang sesuai dengan kebutuhan administrasi dan pengolahan data pada kantor Desa Pasar Baru Pangean. Sistem Informasi Dan Pelayanan Administrasi tersebut berbasis website menggunakan database Mysql. Dengan tujuan untuk pengolahan data yang  efektif dan cepat.

References

Indra J.P. (2019). Aplikasi pelayanan administrasi desa karang dima berbasis web (doctoral dissertation, universitas teknologi Sumbawa).

Iswara, r. A. (2019). Sistem informasi layanan pembuatan surat pengantar kartu keluarga dan kartu tanda penduduk diluar kantor desa banyuadem (doctoral dissertation, skripsi, universitas muhammadiyah magelang).

Kurniati, r., jaroji, j., & agustiawan, a. (2018). Sistem layanan mandiri di kantor desa berbasis web. Inovtek polbeng-seri informatika, 3(1), 16-23.

Kurniawan, a., chabibi, m., & dewi, r. S. (2020). Pengembangan system informasi pelayanan desa berbasis web dengan metode prototyping pada desa leran. Jurikom (jurnal riset computer), 7(1), 114-121.

Multazam, m. (2019). Rancang bangun system infromasi pelayanan administrasi kepnedudukan berbasis web studi kasus kantor desa kesik. Jurnal teknologi rekayasa system dan computer, 1(2).

Muzid, s., & latifah, n. (2015). Pengembangan system layanan infromasi desa (silisa) terintegrasi berbasis sms gateway. Prosiding snatif, 407-412.

Nugrahaa, M. A. (2017). Sistem informasi desa wisata kabupaten bantul berbasis android. Prodi teknik infromatika Upy.

Putra, i. J,. hidayatullah, m., & juniarta, a. T. (2019). Aplikasi pelayanan administrasi desa karang dima berbasis web. Jurmal informatika, teknologi dan sains, 1(1), 29-38.

Radiyah, U., & Setyowati, D. R. (2019). Implementasi pelayanan administrasi kepnedudukan desa kalimanah wetan purbalingga berbasis online. INFROMAL: infromatics jurnal, 4(1), 10-18.
Published
2021-12-29