PEMETAAN DATA MONOGRAFI KECAMATAN KUANTAN HILIR

  • Junaidi Junaidi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Pemetaan, Data Monografi, Kecamatan Kuantan Hilir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat peta tematik dengan memanfaatkan Data Monografi Kecamatan Kuatanta Hilir berupa data tentang letak dan jumlah Tempat umum di Kecamatan Kuantan Hilir seperti SMA dan SMP Negeri, letak kantor  Kantor Kecamatan, letak sebaran kantor pelayanan umum, jumlah penduduk setiap desa berdasarkan jenis kelamin, dan jumlah tempat ibadah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif informatif.Hasil dalam penelitian ini adalah Data Monografi Kecamatan Kuantan Hilir disajikan kedalam sebuah peta. Informasi yang dituangkan lebih inovatif dan komunikatif. Penelitian ini berhasil menampilkan lokasi Tempat Umum, Tempat Ibadah dan Tempat Bersejarah di wilayah Kecamatan Kuantan Hilir dalam bentuk simbol pada menu maps yang ditampilkan. Proses penampilan peta menggunakan Google Maps API sehingga tampil dengan baik di platform yang anda gunakan seperti android dan PC. Aplikasi dapat melakukan pengisian lokasi tempat baru yang kemudian disimpan dalam database server.

References

Abidin, Zainal. 2007. Analisis Eksistensial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persad.

Achmad Sugandi, 2009. Teori Pembelajaran.Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.

Agus Mulyanto. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Anon, 2000. Statistik perdagangan luar negeri Indonesia – Impor. Badan Pusat Statistik, Jakarta-Indonesia.

Aronoff, 1989. Geographic Information Sistem : A Management Perpective, Ottawa, Canada : WDL Publication

Aryono Prihandito, 1998, “Kartografi”, Mitra Gama Widya, Yogyakarta. Badan Pertanahan Nasional, “Buletin”, 1990, Jakarta.

Awangga, R. M. (2019). Pengantar Sistem Informasi Geografis. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Barus, B dan U. S. Wiradisastra, 2000, Sistem Informasi Geografi Sarana Manajemen Sumberdaya, Laboratorium Penginderaan Jauh dan Kartografi, Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian, IPB, Bogor.

Bern.Geografi Information System, 1992

Burrough PA, 1986. Principles of Geographical Information Systems for land Resources Assesment, Clarendonprees, Oxford.

Chrisman, N. 1997. Exploring Geographic Information Systems. New York: John Willey.

Fahmi, Ardi. 2010. “Analisis Kinerja Keuangan” , Bandung: Alfabeta
ICA. (1973). Basic Cartography for Students and Technicians. Volume 1. Published With The Financial Assistance of UNESCO. BAS Printers Limited.

Irmansyah, Faried.2003.Pengantar Database.Ilmu Komputer.com: Kuliah Umum IlmuKomputer.com
Kartini, Dwi. (2013). Corporate Social Responsibility Transformasi Konsep Sustainability Management Dan Implementasi Di Indonesia. Bandung: PT Refika Aditama.

Kuswara, H., & Kusmana, D. 2017. Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis Web Dengan SMS Gateway Pada Sekolah Menengah Kejuruan Al – Munir Bekasi. Indonesian Journal on Networking and Security, 6(2), 17–22.
Published
2021-12-29