ANALISA RATING CURVE SUNGAI TABALAI PADA RUAS DESA PASAR BARU KECAMATAN PANGEAN

  • Jusnori Jusnori Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ade Irawan Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Menganalisis Kecepatan, Menentukan Persamaan Rating Curve, Mengalasis Debit

Abstract

Kabupaten Kuantan Singingi adalah salah satu dari 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau. Pangean merupakan kecamatan yang cukup luas. Mempunyai jumlah desa sebanyak 17 Desa. Sungai Tabalai mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi masyarakat di sekitar aliran sungai. Data Badan Pusat Statistik mencatat Sungai  Tabalai mepunyai panjang sungai 170  km dengan melewati desa-desa Kec, Pangean dan Kuantan Hilir. Setelah analisis pemplotingan didapat hasil dari kecepatan simulasi rata-rata dan debit simulasi rata-rata didapat hasil kecepatan maksimal 0.71 m²/s pada 12/07/22, pada kecepatan rata-ratanya 14.50 m²/s pada 1 bulan dan kecepatan terendah 0.54 m2/s pada 02/07/22. Pada Debit simulasi rata-rata didapat nilai Maksimal 18.67 m³/s. Secara keseluruhan perhitungan nilai kecepatan dan debit pada sungai Tabalai.Tetapi untuk mendapatkan nilai yang akurat diperlukan pengambilan data yang lebih lama, karena pada pengambilan data bulan Juni dan Juli saja, maka memerlukan data yang lebih akurat maka dilakukan waktu lebih untuk melakukan pengamatan dilokasi.

References

Abd Kamal Neno, H. H. (2016). Hubungan Debit Air Dan Tinggi Muka Air Di Sungai Lembagu Kecamatan Tawaeli Kota Palu. Wirta Rimba Volume 4, Nomor 2.

Ahmad Norhadi, A. M. (2015). Studi Debit Aliran Pada Sungai Antasan Kelurahan Sungai Andai Banjarmasin Utara. Poros Teknik Vol. 7 No.1.

Ari Christiany, W. W. (2016). Pengelolaan DAS dan Konservasi Tanah dan Air Merupakan Alat Untuk Tercapainya Pembangunan Sumber Daya Air Berkelanjnutan. S2-PSL. Pengelolaan Sumber Daya Air Melalui Pengeloaan DAS.

Ari Chritiany, W. W. (2016). Pengelolaan DAS dan Konservasi Tanah dan Air Merupakan Alat Untuk Tercapainya Pembangunan Sumber Daya Air Berkelanjnutan. S2-PSL.

Juniadi, F. F. (2014). Analisis Distribusi Kecepatan Aliran Sungai Musi (Ruas Jembatan Ampera Sampai Dengan Pulau Kemaro). Teknik Sipil dan Lingkungan Vol.2. No.3.

Nurzuni, F. (2019). Kalibrasi Rating Curve Debit Aliran Pada Saluran 1 Barat Sungai Begadung. Repository Universitas Jember.

SNI. (2015). Tata pengukuran debit aliran sungai dan saluran terbuka menggunakan alat ukur arus pelampung. Jakarta.

Soewarno. (1991). Pengukuran Dan Pengolahan Data Aliran Sungai (Hidrometri). Bandung.

susanto, A. S. (2019, September). Penentuan Liku Kalibrasi Debit (Rating Curve) Pada Musim Hujan di daerah Aliran Sungai (DAS) Deli. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biostem , Vol. 7, No. 2.
Published
2023-07-26