PEMETAAN BANGUNAN PENGENDALIAN BANJIR DESA LOGAS, KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

PKM

  • Chitra Hermawan Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Surya Adinata Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ade Irawan Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Rikki Afrizal Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Dwi Visti Rurianti Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Pemetaan, Bangunan Pengendali Banjir, PkM

Abstract

Jumlah penduduk desa logas yang tinggi mengakibatkan  pertumbuhan penduduk maka kebutuhan akan ruang untuk fasilitas penunjang penduduk juga akan semakin meningkat, dan secara otomatis akan menggeser ruang-ruang yang saat ini masih mempunyai fungsi sebagai kawasan hijau Sungai Mess desa Logas adalah Sungai yang terletak di Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi, dimana hampir setiap tahunnya di musim penghujan menimbulkan banjir yang mengakibatkan banyak kerugian sehingga mengganggu kegiatan masyarakat di berbagai sektor, seperti tergenangnya pemukiman penduduk yang berada di sekitar alur sungai, dan tergenangnya akses jalan transportasi di wilayah tersebut. Pelaksanaan PKM ini melalui beberapa tahapan yang telah dilaksanakan, antara lain dapat digambarkan dalam alur berikut ;Kegiatan Observasi; Proses Administrasi; Penyediaan alat dan bahan; Pembuatan Peta. Selain itu untuk keberlanjutan program ini maka dibentuknya sebuah kerjasama  dalam bentuk MoU/MoA yang ditandatangai oleh kedua belah pihak antara isntansi terkait dan Program Studi Teknik Sipil Universitas Islam Kuantan Singingi dalam meningkatkan suberdaya manusia dalam program pengabdian kepada masyarakat, penelitian, maupun peningkatan pengetahuan mahasiswa.

References

Bakorsurtanal, 2005. Pengertian Peta. (Online), http://geografibumi.blogspot.com/2009/09/pengertian-peta.html (Diakses 23 Maret 2022).

BPS. 2020. Kuantan Mudik dalam Angka.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Noor 76 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penegasan Batas Daerah.

Profil Desa, 2023. Profil Desa Luai

Undang-Undang Nomor 4 tahun 2011 Tentang Informasi Geospatial ESRI, 2011. GIS in the Web Era. http://esripress.esri.com/storage/esripress/images/188/115391 webgis chapter01.pdf (diakses pada tanggal 26 Maret 2023)

PutriD. and Al-HafizN., “SISTEM INFORMASI SURAT KETERANGAN GANTI RUGI TANAH PADA KECAMATAN KUANTAN TENGAH MENGGUNAKAN WEBGIS”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 2, no. 2, pp. 112-121, Jul. 2023.

Nofri Wandi Al Hafiz, & M. Hasim Siregar. (2021). GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEMS FOR THE DISTRIBUTION OF COMMUNITY SERVICE ACTIVITIES IN KUANTAN SINGINGI DISTRICT. INFOKUM, 10(1), 236-243. Retrieved from http://seaninstitute.org/infor/index.php/infokum/article/view/257

Al-Hafiz, N. W. (2020) “Decision Support System Rental Housing Investment In Singingi District Area: Decision Support System Rental Housing Investment In Singingi District Area”, Jurnal Mantik, 3(4), pp. 569-574. Available at: http://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/view/620 (Accessed: 7February2024).

Published
2023-12-30