ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN DAN TINGKAT KESIAPAN PENGELOLA UMKM DALAM IMPLEMENTASI LAPORAN KEUANGAN BERBASIS SAK EMKM (STUDI EMPIRIS PADA UMKM DI KECAMATAN KUANTAN TENGAH)

  • Suci Resta Ventia universitas islam kuantan singingi
  • Yul Emri Yulis universitas islam kuantan singingi
  • Diskhamarzaweny Diskhamarzaweny universitas islam kuantan singingi

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine the Understanding Level and Readiness Level of MSME Managers in Implementing Financial Statements Based on Accounting Standards for Micro, Small and Medium Enterprises (SAK EMKM) in Central Kuantan District in 2018. This research is a descriptive qualitative research that is to describe the level of understanding and level of readiness implementation of financial statements based on SAK EMKM. This study used a sample of 147 MSME managers in Central Kuantan District. The data in this study consisted of primary data and secondary data. Primary data were obtained from distributing questionnaires and secondary data were obtained from data from the Cooperative and SMEs Office in Central Kuantan District. Data analysis conducted in this research is descriptive statistics.

The results showed that the managers of MSMEs in Central Kuantan District did not understand on the basis of accounting, namely the percentage of micro businesses 51,74% and small businesses 47,31%, while the middle business managers understand the percentage 0f 69,17% and did not understand (micro 39,31% and small 37,78%) regarding SAK EMKM, while the middle business manager is quite familiar with the percentage of 52,5%. MSME Managers are also Not Ready (micro 45,39% and small 47,67%) while the middle business managers are quite ready with a percentage of 55% in the implementation of SAKEMKM-based financial statements. So, in the future it is necessary to do more socialization regarding SAK EMKM by those responsible to the managers of MSMEs

 Keywords: Understanding Level, Readiness Level, UMKM and SAK EMKM

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Pemahaman dan Tingkat Kesiapan Pengelola UMKM Dalam Mengimplementasikan Laporan Keuangan Berbasis Standar Akuntansi Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) di Kecamatan Kuantan Tengah pada tahun 2019. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu untuk menggambarkan tingkat pemahaman serta tingkat kesiapan implementasi laporan keuangan berbasi SAK EMKM. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 146 pengelola UMKM di Kecamatan Kuantan Tengah. Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari penyebaran kuesioner dan data sekunder diperoleh dari data Dinas Koperasi dan UMKM di Kecamatan Kuantan Tengah. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelola UMKM di Kecamatan Kuantan Tengah yang terdiri dari usaha mikro dan kecil Tidak Paham atas dasar-dasar akuntansi yakni dengan persentase usaha mikro 51,74% dan usaha kecil 47,31%, sementara pengelola usaha menengah paham dengan persentase 69,17%, dan Tidak Paham (mikro 39,31% dan kecil 37,78%) mengenai SAK EMKM, sementara pengelola usaha menengah cukup paham dengan persentase 52,5%. Pengelola UMKM juga Tidak Siap (mikro 45,39% dan kecil 47,67%), sementara pengelola usaha menengah cukup siap dengan persentase 55% dalam implementasi laporan keuangan berbasis SAK EMKM. Sehingga, kedepannya perlu dilakukan sosialisasi lagi mengenai SAK EMKM oleh pihak yang bertanggungjawab kepada para pengelola UMKM.

 

Kata Kunci: Tingkat Pemahaman, Tingkat Kesiapan, UMKM dan SAK EMKM

Published
2020-10-20