PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, SKEPTISME PROFESIONAL, TEKANAN KETAATAN, OBJEKTIVITAS, INTEGRITAS DAN AKUNTABILITAS TERHADAP KUALITAS AUDIT (STUDI EMPIRIS PADA AUDITOR INSPEKTORAT DAERAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI)

  • Olvi Indi Pramita Program Studi Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Dessy Kumala Dewi Program Studi Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Rina Andriani Program Studi Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Kompetensi,Independensi, Skeptisme Profesional, Tekanan Ketaatan, Objektivitas, Integritas, Akuntabilitas, Kualitas Audit.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, independensi, skeptisme profesional, tekanan ketaatan, objektivitas, integritas, dan akuntabilitas pada Auditor Inspektorat Kabupaten Kuantan Singingi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik sensus yaitu seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel penelitian. Data penelitian diperoleh dari data kuesioner (primer). Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan Uji t. alat bantu SPSS versi 23. Hasil penelitian dan uji hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial variabel kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit dengan nilai signifikansi 0,007 < 0,05. Variabel independensi berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit dengan nilai signifikansi 0,023 < 0,05. Variabel skeptisme profesional berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit dengan nilai signifikansi 0,032 < 0,05. Variabel tekanan ketaatan berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Variabel objektivitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit dengan nilai signifikansi 0,085 > 0,05. Variabel integritas berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Variabel akuntabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit dengan nilai signifikansi 0,066 < 0,05.

Published
2021-10-18