Pengaruh Pengetahuan, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Masyarakat Kecamatan Kuantan Tengah Menggunakan Produk Amanah Pegadaian UPC Sei Jering

  • Nurman Amin Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Dian Meliza Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Redian Mulyadita Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: pengetahuan, lokasi, promosi, keputusan masyarakat.

Abstract

Penelitian ini tentang pengaruh pengetahuan, lokasi, dan promosi terhadap keputusan masyarakat Kecamatan Kuantan Tengah menggunakan produk amanah Pegadaian UPC Sei Jering, yang mana penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya nasabah produk amanah sehingga keputusan masyarakat memilih produk ini berkurang tiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak pengaruh pengetahuan, lokasi dan promosi terhadap keputusan masyarakat Kecamatan Kuantan Tengah menggunakan produk amanah Pegadaian UPC Sei Jering. Populasi pada penelitian ini berjumlah 54 orang dengan teknik sampel yang digunakan adalah area sampling dapat ditentukan sampel berjumlah 29 orang masyarakat Kecamatan Kuantan Tengah yang pernah dan masih menggunakan produk amanah Pegadaian UPC Sei Jering. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Selanjutnya teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis data kuantitatif dengan bantuan program SPSS 20. Adapun tahapan dalam teknik pengelolaan dan analisis data yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya, penulis melakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, multikolinearitas, dan heterokedastisitas. Kemudian Penelitian ini menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan uji T, uji F dan Uji R. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis uji hipotesis uji T variabel pengetahuan (X1) menunjukkan bahwa nilai T hitung > T tabel (2.687 > 2.060) dan tingkat signifikansi > dari 0,05 maka H0 diterima, untuk variabel lokasi (X2) menunjukkan bahwa nilai T hitung > T tabel (2.487 > 2.060) dan tingkat signifikansi > dari 0,05 maka H0 diterima dan untuk variabel promosi (X3) menunjukkan bahwa nilai T hitung > T tabel (3.009 > 2.060) dan tingkat signifikansi > dari 0,05 maka H0 diterima. Hasil analisis uji F menunjukkan bahwa nilai F hitung > F tabel (2.975 > 8.152) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,001 < 0,05), artinya variabel pengetahuan, lokasi dan promosi secara bersama-sama mempengaaruhi keputusan. Implikasi dalam penelitian ini yakni kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan sumber informasi tentang adanya Pengaruh pengetahuan, lokasi dan promosi terhadap keputusan masyarakat menggunakan Produk amanah Pegadaian upc Sei Jering.

Published
2022-04-29