PENGARUH DEBT DEFAULT, KUALITAS AUDIT, OPINION SHOPPING, KONDISI KEUANGAN, RASIO KEUANGAN, DAN OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN JASA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Yeni Sapridawati Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Yul Emri Yulis
Keywords: Going concern, debt default, kualitas audit, opinion shopping, kondisi keuangan, rasio keuangan (current ratio, debt to equity) dan opini audit tahun sebelumnya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh debt default, kualitas audit, opinion shopping, rasio keuangan, opini audit tahun sebelumnya dan kondisi keuangan dalam penerimaan opini audit going concern. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif terhadap annual report dan laporan keuangan perusahaan jasa yang terdaftar di bursa efek indonesia selama 3 (tiga) tahun periode 2008-2010 dan analisis dengan regresi logistik.

Penelitian ini menggunakan variabel - variabel independen debt default, kualitas audit, opinion shopping, rasio keuangan, opini audit tahun sebelumnya dan kondisi keuangan. Opini audit merupakan opini going concern dan non going concern. Data diambil dari 61 perusahaan jasa yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI) dan diseleksi berdasarkan kreteria yang telah ditentukan, sehingga diperoleh 12 perusahaan yang menjadi sampel. Jadi total perusahaan yang menjadi sampel selama 3 tahun adalah 36 perusahaan.

Hasil penelitian menunjukkan opini audit tahun sebelumnya dan opinion shopping mempengaruhi penerimaan opini audit going concern. Sementara variabel debt default, kualitas audit, rasio keuangan dan kondisi keuangan tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern.

Published
2023-04-18