ANALISIS KELAYAKAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DALAM MENERAPKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (Studi Kasus Pada Toko Dewi Motor Teluk Kuantan)

  • Mega Mustika universitas islam kuantan singingi
  • Rina Andriani universitas islam kuantan singingi
  • Muhammad Irwan universitas islam kuantan singingi

Abstract

Abstract

This research aims to determine whether Toko Dewi Motor is qualified to apply the Micro, Small, and Medium Financial Accounting Standards (SAK EMKM). This research supposed to give consideration for Toko Dewi Motor in the recording activities of financial statement which conform the financial accounting standards published by IAI. Financial statement which comply financial accounting standars will provide information about transactions conducted by Toko Dewi Motor as well as will help to connect with external parties. This research used qualiative approach . the type of this research was case study. This research used descriptive analysis method by comparing the theory of Micro, Small, and Medium Financial Accouning Standards with the existing practices at Toko Dewi Motor . To assess the qualifications, this research used the analysis of Technical, Economics, Legal, Operationa, and Schdule (TELOS) and compared them with the existing practice at Toko Dewi Motor. The data collection techniques were inerview, documentation, and observation. Based on the results of the analysis it can be seen that by Toko Dewi Motor is not feasible to apply SAK EMKM. This is because by Toko Dewi Motor has not made record in accordance with SAK and there has been no training conduced by the relevant institutions during the application of SAK EMKM. In addition, the results of the analysis of the TELOS factor prove that by Toko Dewi Motor is not yet feasible to apply SAK EMKM.

 

Keywords: SAK EMKM, Technical, Economic, Legal, Operational, Schedule.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Toko Dewi Motor sudah layak untuk menerapkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM).  Penelitian ini merupakan sebuah bahan pertimbangan bagi Toko Dewi Motor dalam melakukan pencatatan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang telah dibuat oleh IAI. Manfaat dari pembuatan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan akan memberikan informasi mengenai transaksi yang Toko Dewi Motor lakukan sekaligus untuk berhubungan dengan pihak eksternal. Penelitian ini menggunakan data kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan membandingkan teori yang terdapat di Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) dengan praktek yang terdapat pada Toko Dewi Motor. Untuk menilai kelayakan penilaian ini menggunakan analisis Technical, Economic, Legal, Operational, dan Schedule (TELOS). Teknik  pengambilan data pada penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa Toko Dewi Motor belum layak menerapkan SAK EMKM. Hal ini karena Toko Dewi Motor belum melakukan pencatatan yang sesuai dengan SAK dan belum adanya pelatihan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga yang bersangkutan selama penerapan SAK EMKM. Selain itu, hasil analisis dari faktor TELOS membuktikan bahwa Toko Dewi Motor belum layak untuk menerapkan SAK EMKM.

 

Kata Kunci: SAK EMKM, Technical, Economic, Legal, Operational, Schedule

Published
2020-04-22