ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI SUATUUSAHA UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA PT. DUTAPALMA NUSANTARA-PKS SEI. KUKO

  • Nuhlili Damanik universitas islam kuantan singingi
  • Yul Emri Yulis universitas islam kuantan singingi
  • Muhammad Irwan universitas islam kuantan singingi

Abstract

Abstract

This study aims to analyze the control of production costs to increase production cost efficiency in PT. Dutapalma Nusantara-PKS Sei. Kuko period 2018. The research method used is descriptive method. This type of research data is qualitative data and quantitative data. The data source of this research is primary data and secondary data. Data collection techniques used were interviews and documentation. Data analysis technique used as an analysis tool for controlling production costs to improve production cost efficiency is to use standard costs.

Research results from the data obtained that the control of production costs to improve the efficiency of production costs of PT. Dutapalma Nusantara-PKS Sei. Kuko is based on the results of a standard cost calculation that is already efficient, but the direct labor and factory overhead is not good because the realization exceeds the budget.

 

Keywords: Standard Costs, Direct Raw Material Costs, Direct Labor Costs,    Factory Overhead Costs.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian biaya produksi untuk menigkatkan efisien biaya produksi yang ada di PT. Dutapalma Nusantara-PKS Sei.Kuko periode 2018.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode diskriptif.Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif.Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi.Teknik analisa data yang digunakan sebagai alat analisis pengendalian biaya produksi untuk meningkatkan efisien biaya produksi yaitu menggunakan biaya standar.

Hasil penelitian dari data yang diperoleh bahwa pengendalian biaya produksi untuk meningkatkan efisiensi biaya produksi PT. Dutapalma Nusantara-PKS Sei.Kuko berdasarkan hasil dari perhitungan biaya standar yaitu sudah efisien, namun pada tenaga kerja langsung dan overhead pabrik belum baik karena realisasi melebihi anggaran.

 

Kata kunci: Biaya Standar, Biaya Bahan Baku Langsung, Biaya Tenaga Kerja Langsung, Biaya Overhead Pabrik

Published
2020-10-20