ANALYSIS OF INTERNAL CONTROL ON MERCHANDISE INVENTORY IN KUD LANGGENG MARSAWA VILLAGE SENTAJO RAYA DISTRICT KUANTAN SINGINGI REGENCY

  • Nur Halimatun Syahdiah universitas islam kuantan singingi
  • Yul Emri Yulis universitas islam kuantan singingi
  • Diskhamarzaweny Diskhamarzaweny universitas islam kuantan singingi

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengendalian internal atas persediaan barang pada KUD Langgeng Desa Marsawa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah dengan cara membandingkan pengendalian internal atas persediaan barang pada KUD Langgeng dengan komponen pengendalian internal menurut the Committee of Sponsoring Organizations of Treadway Commission (COSO).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pengendalian internal atas persediaan barang pada KUD Langgeng yang diukur dengan menggunakan komponen pengendalian internal menurut the Committee of Sponsoring Organizations of Treadway Commission (COSO) yang terdiri dari komponen lingkungan pengendalian diperoleh persentase sebesar 73% masuk kategori sesuai, Penilaian Resiko sebesar 72% masuk kategori sangat sesuai,  Aktivitas Pengendalian sebesar 53% masuk kategori sesuai, Informasi dan Komunikasi  sebesar 85% masuk kedalam kategori sesuai, Monitoring sebesar 62% masuk kedalam kategori sesuai. Penilaian penerapan pengendalian internal atas persediaan barang pada KUD Langgeng sebesar 65% telah sesuai dengan komponen pengendalian internal menurut the Committee of Sponsoring Organizations of Treadway Commission (COSO). Hal tersebut menunjukkan bahwa pengendalian internal atas persediaan barang pada KUD Langgeng masuk kedalam kategori sesuai.

Published
2020-10-20