PELATIHAN DAN IMPLEMENTASI METODE KODALY PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK BAGI GURU SD BETHA PLUS KOTA PADANG

  • Shella Marcelina
  • Vivi Puspita
  • Silfi Melindawati
Keywords: Pelatihan, Implementasi, Metode Kodaly, Pembelajaran Seni Musik

Abstract

Pendidikan seni di SD selain sebagai pengalaman estetis juga harusmenanamkan nilai atau moral kepada siswa. Pendidikan seni sangat penting untuk dilaksanakan, karena menurut Sudira (2010) bangsa yang menggusur dan tidak menjadikan pendidikan seni menjadi bagian dari kurikulum sekolahnya akan menghasilkan suatu generasi yang berbudaya kekerasan di masa depan yang semua itu disebabkan oleh hilangnya kepekaan untuk membedakan nuansa baik dan indah dengan buruk dan tidak indah. Guru SD sebagai guru kelas dituntut untuk bisa menguasai dan mengajarkan beberapa rumpun ilmu kepada siswa, termasuk materi seni musik. Oleh karena itu harus ada metode yang dimiliki oleh guru dalam rangka membantu guru dalam mengajarkan materi seni musik di kelas. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk pembelajaran musik adalah Metode Kodaly. Metode Kodaly merupakan metode yang berasal dari Hungaria dan pertama kali dipopulerkan oleh Zoltan Kodaly. Metode Kodaly juga menggunakan tahap-tahap praktis dalam pembelajarannya yaitu tonik solfa dan rhytm syllables. Pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan di SD Betha Plus Kota Padang dengan tema Pelatihan dan Implementasi Metode Kodaly bagi Guru diharapkan guru mempunyai alternatif metode yang mudah diterapkan pada pembelajaran seni musik. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu dengan memberikan pelatihan dan simulasi kepada guru SD Betha Plus Kota Padang tentang metode Kodaly.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Busroh, Jamalus. 1992. Pendidikan Kesenian Musik I. Jakarta. Depdikbud

Choksy, Lois. (2001). Teaching music in the twenty-first century. New Jersey: Prentice Hall Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S (2009). The Sage handbook of qualitative research

Göktürk Cary, D. (2012). Kodàly and Orff: A comparison of two approaches in early music education. Uluslararası Yönetim İktisat ve İşletme Dergisi, 8(15), 179-194.

Hadliansah. 2016. Penerapan Metode Kodaly Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi Solmisasi Siswa Pada Materi Simbol Nada. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/10020

Jamalus. 1988. Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan

Sudira, Made Bambang. 2010. Ilmu Seni Teori dan Praktik (Edisi 1). Jakarta: Inti Prima

Julia. 2017. Pendidikan Musik: Permasalahan dan Pembelajarannya. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=yjpJDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=jurnal+Julia+2017&ots=OuafEPTIgJ&sig=geU7X8Zf8xS7l-E0aM2oAtTglAU&redir_esc=y#v=onepage&q=jurnal%20Julia%202017&f=false

Susilo, J. F. (2004). Aksara Nada (5th ed.). Bandung: Duta Obor Terang Semesta

Published
2022-06-17
Abstract viewed = 455 times
PDF downloaded = 736 times