PELATIHAN PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR

  • Vivi Puspita Universitas Adzkia
  • Shella Marcelina Universitas Adzkia
  • Silfi Melindawati Universitas Adzkia
Keywords: Teknologi Informasi, ChatGPT, Literasi Digital, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam pendidikan telah membawa transformasi signifikan, memungkinkan inovasi dan efisiensi dalam pembelajaran. Artikel ini membahas dampak positif TI pada kualitas pembelajaran di sekolah dasar, fokus pada peran guru sebagai pemimpin intelektual. Langkah-langkah praktis, seperti sosialisasi, pendampingan, dan pelatihan dengan menggunakan AI khususnya ChatGPT untuk menyusun modul pembelajaran, diterapkan dengan melibatkan 55 guru sekolah dasar di Kabupaten Lima Puluh Kota. Evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman dan antusiasme peserta terhadap penggunaan ChatGPT dalam merancang modul pembelajaran. Dalam era digital, literasi digital guru menjadi krusial, memungkinkan pengembangan kurikulum yang responsif dan inklusif. Penelitian ini juga mencermati tantangan, termasuk kesenjangan akses teknologi, serta memberikan saran untuk dukungan profesional dan pengembangan kurikulum yang lebih adaptif. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan teknologi, seperti ChatGPT, dapat menjadi alat bantu efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat dasar, dengan catatan penting akan kebutuhan akan pelatihan dan dukungan yang berkelanjutan.

References

Aulia, O., Damayanti, S. T., & Hermanto, N. (2023). PELATIHAN PUBLIKASI INSTANT WEBSITE DESA MENGGUNAKAN CHAT GPT DESA PANIMBANG, KECAMATAN CIMANGGU, KABUPATEN CILACAP. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI

Haris Budiman. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Marcelina, S., Puspita, V., Melindawati, S., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2022). PELATIHAN DAN IMPLEMENTASI METODE KODALY PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK BAGI GURU SD BETHA PLUS KOTA PADANG (Vol. 2, Issue 1).

Nur Isnaini, K., Sulistiyani, D. F., Ramadhany, Z., & Putri, K. (2021). PELATIHAN DESAIN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA. 5(1).

Puspita, V., Maielfi, D., Melindawati, S., Marcelina, S., Mulyati, A., Guru, P., Dasar, S., Stkip, A., Matemaika, P., & Adzkia, S. (2023). Optimalisasi Pembelajaran Blanded Learning : Pengabdian Masyarakat di SD 31 Jati Tanah Tinggi Kota Padang (Vol. 3, Issue 1).

Sakti, I., Maya, S., & Aisyah, S. (n.d.). 2023 Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPKM) Purwokerto, Indonesia.

Nofri W Al-Hafiz, Harianja, Jasri, Elgamar, Helpi Nopriandi, Febri Haswan, M Yusfahmi, Sri Chairani, Aprizal, Erlinda. (2023). PELATIHAN PENGENALAN PERANGKAT IoT BIDANG PERTANIAN PADA SMK NEGERI 3 TELUK KUANTAN. Bhakti Nagori (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 3(2), 221-227.

Published
2023-12-30