STRATEGI PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA KEPALA DESA DAN PERANGKAT DESA DI KECAMATAN GUNUNG TOAR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Alsar Andri
  • Sarjan M
  • Desriadi Desco
  • Rika Ramadhanti
  • Emilia Emharis
  • Sahri Muharam
  • H. Sumarli
  • Melliofatria Hendri
Keywords: SDM Desa, Aparatur Desa

Abstract

Aparatur pemerintah desa dipandang sangat penting untuk meningkatkan SDM dan menjadi sebuah keharusan, agar aparatur pemerintah desa dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Persoalan yang terjadi dapat diidentifikasi, lemahnya dan terbatasnya kapasitas sumber daya aparat yang mampu mengelola manajemen pemerintahan desa dalam mendukung peningkatan dan pemberdayaan masyarakat desa. Semestinya penggunaan dana desa untuk peningkatan SDM apartur desa dapat menjadi wacana dan pemikiran desa agar lebih maju. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan pada Kantor Camat Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi dengan segmet atau khalyak sasaran adalah kepala desa dan sekretaris desa di 12 desa pada Kecamatan Gunung Toar, dengan bentuk kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat), workshop serta bimbingan teknis (bimtek) yang bertujuan meningkatkan dan mengembangkan SDM aparatur pemerintah desa. Hasilnya, kegiatan ini sangat memberikan dampak positif yang siginifikan serta dapat meningkatkan dan mengembangkan SDM aparatur pemerintah desa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rachmawati, Ike Kusdyah. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. Andi.

Syafi’i, Inu Kencana. 2001. Filsafat Pemerintahan (Mencari Bentuk Good Governance Yang Sebenarnya Secara Universal). Jakarta. PT Perca.

Suharto, Edi. 2008. Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik. Bandung. CV Alfabeta.

Suud, Mohammad. 2006. Orientasi Kesejahteraan Sosial. Jakarta. Prestasi Pustaka Publisher.

Umam Khaerul. 2012. Manajemen Organisasi. Bandung. CV Pustaka Setia.

Agus Irawan. 2018. Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Pemerintah Desa dalam Penyelenggaraan Tugas Pembantuan dari Pemerintah Kabupaten/Kota Ditinjau dari Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia. Jurnal Yuridis UNAJA. Desember Volume 1. Nomor 2.

Bunga Indah Choerunnisa. 2017. Pengembangan Perangkat Desa dalam Mewujudkan Profesionalisme Kerja di Desa Dewasari Kecamatan Cijeungjing Kabuapten Ciamis. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara. Desember Volume 4. Nomor 3.

https://id.hrnote.asia/orgdevelopment/kunci-pengembangan-sdm-200909/.

Published
2022-12-31
Abstract viewed = 262 times
PDF downloaded = 141 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>