PEMBUATAN PUPUK ORGANIK UNTUK MENINGKATKAN PRODUK PERTANIAN

  • Rosa Murwindra
  • Asregi Asril
  • Dwi Putri Musdansi
  • Edi Kurniawan
  • Jumriana Rahayu Ningsih
  • Nofri Yuhelman
Keywords: Petani, Pupuk Organik, Pertanian, Pupuk N, P, K, Teluk Kuantan

Abstract

Pupuk organik berperan dalam meningkatkan kesuburan fisik, kimia dan biologi tanah serta mengefisienkan penggunaan pupuk anorganik. Kualitas dan komposisi pupuk organik bervariasi tergantung dari bahan dasar kompos dan proses pembuatannya.Dari hasil survey yang sudah dilakukan oleh Tim Pengabdian Prodi Pendidikan Kimia UNIKS terhadap para petani padi dan sayuran di Desa Banjar Benai, Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi diketahui bahwa para petani di lokasi terebut sudah ada menggunakan pupuk organik yang dipadukan dengan pupuk kimia. Akan tetapi penggunaannya belum maksimal. Adapun tujuan pengabdian ini yakni memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang seluk-beluk pupuk organik dan cara-cara pembuatannya dari sumber daya hayati yang banyak terdapat di lingkungan sekitar petani itu sendiri. Berdasarkan hasil follow up setelah dilakukan kegiatan Pengabdian maka diperoleh target pencapaian sebesar 91,96% dengan kategori Sangat Bagus, hal ini berarti bahwa kegiatan Pengabdian yang dilakukan Prodi Pendidikan Kimia UNIKS berjalan secara efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andoko., A. 2008. Budi Daya Padi Secara Organik. Jakarta: Penebar Swadaya.

Hadisuwito, S. 2012. Membuat Pupuk Kompos Cair. Jakarta: PT. Agromedia Pustaka.

Leovini, H. (2012). Pemanfaatan Pupuk Organik Cair Pada Budidaya Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum L.). Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada.

Priyowidodo, T. 2017. Cara Membuat Pupuk Organik Cair. http://alamtani.com/pupuk- organik-cair.html. diakses tanggal 30 November 2021.

Roidah, I. A. 2013. Manfaat Penggunaan Pupuk Organik untuk Kesuburan Tanah. Jurnal Universitas Tulungagung Bonorowo Vol. 1. No.1

Sentana, S. 2010. Pupuk Organik, Peluang dan Kendalanya Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia “Kejuangan” Pengembangan Teknologi Kimia untuk Pengolahan Sumber Daya Alam Indonesia. Yogyakarta. ISSN 1693–4393

Setawan, E. 2009. Pengaruh Empat Macam Pupuk Organik terhadap Pertumbuhan Sawi. Embryo Vol. 6 No.1. ISSN 0216-0188.

Tandjung, S.D., 2003. Ilmu Lingkungan. Yogyakarta: Laboratorium Ekologi, Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada.

Published
2021-12-18
Abstract viewed = 674 times
PDF downloaded = 536 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>