WORKSHOP DOKUMEN MANAJEMEN SISTEM DAN BERBAGI DATA BERBASIS CLOUD COMPUTING PADA NAGARI KOTO TUO

  • Rabby Nazli Politeknik Pertanian Negeri Payakumbu
  • Jamaluddin Jamaluddin Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Syukriadi Syukriadi Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Amrizal Amrizal Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Agus Nur Khomarudin Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Ega Evinda Putri Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
Keywords: Teknologi, Cloud Computing, Manajemen Sistem, Berbagi Data

Abstract

Cloud merupakan suatu teknologi terbaru yang memanfaatkan awan atau internet sebagai media server atau pusat kendali terhadap software-software yang kita gunakan dikehidupan sehari-hari. Selain kita menggunakan media penyimpanan secara eksternal dan internal. Data Digital di era sekarang  muncul dengan berbagai fitur yang sangat menarik bagi setiap pengguna teknologi diranah masyarakat, data digital yang mereka simpan pada umumnya misalnya file foto, file softcopy tugas, berkas-berkas penting yang akan mereka gunakan Kembali. Melalui program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pelatihan bagi pegawai staf wali nagari  untuk meningkatkan kompetensi dibidang teknologi informasi Untuk menambah pengetahuan masyarakat dalam tentang aplikasi Cloud Drive sebagai memori awan. Menambah pengetahuan dan pemahaman masyarakat dalam penggunaan aplikasi Google Cloud dan cara pemanfaatannya. Adapun manfaat yang dapat diambil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah : Bagi masyarakat manfaatnya antara lain Dapat mengenal aplikasi-aplikasi penyimpanan/memori awan Dapat diterapkan oleh kalangan masyarakat

References

Ahmad, Mohammad Sabri Haron Nik Yusri Musa “Kebebasan Media Komunikasi Menurut Perspektif Islam,” Jurnal Hadhari, Bil.2 (2019)

Alam, Tunggal, Wawan. Pencemaran Nama Baik di Kehidupan Nyata dan Dunia Internet. (Jakarta: Wartapena, 2012), 7.

Ali, Daud, Mohammad, Hukum Islam, Pengantar Ilmu Hukum Dan Tata Hukum Islam Di Indonesia, (Jakarta : Rajagrafindo Persada, 2009)

Nazli, R (2018) “Pemodelan Aplikasi Mobile Modul Perkuliahan Berbasis Client Server” Jurnal Teknologi dan Open Source 1(1) 25-32.

Nazli, R (2019) “Pemodelan Aplikasi Mobile Pelayanan Publik Desa (Smart Village) Berbasis Cloud Computing” Jurnal Teknologi dan Open Source 2(2) 87-97.

Jasri (2022) " TEKNOLOGI DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM" Jurnal Bhakti Nagori 2(1)128-132

Published
2023-12-28