APLIKASI BUKERSUS SEBAGAI MEDIA INFORMASI BURSA KERJA DAN PENDATAAN ALUMNI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

  • Agus Nur Khomarudin Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Rina Novita Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Rabby Nazli Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Amrizal Amrizal Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Jamaluddin Jamaluddin Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
Keywords: Aplikasi, Bursa Kerja Khusus, Pendataan Alumni, RnD, ADDIE

Abstract

Manusia membutuhkan ilmu pengetahuan untuk mempelajari segala hal yang ada dalam kehidupan. Ilmu pengetahuan dapat diperoleh dengan cara belajar yaitu melalui proses pendidikan. Salah satu sekolah yang mendukung proses pembelajaran dalam menciptakan manusia yang berkualitas melalui pendidikan adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK umumnya memiliki unit Bursa Kerja Khusus (BKK) yang berperan membantu penyaluran tenaga kerja bagi lulusan SMK ke industri. Berdasarkan observasi dan wawancara peneliti dengan pengurus BKK di SMKN 4 Payakumbuh diketahui bahwa pengelolaan data alumni masih manual dan belum terkomputerisasi. Masalah lainnya yaitu penyampaian informasi lowongan pekerjaan kepada alumni dengan menempelkan brosur pada papan pengumuman atau menyebarkan informasi lowongan pekerjaan melalui grup Whatsapp alumni, sehingga belum tepat sasaran, efektif dan efisien. Metode dalam penelitian ini tergolong dalam metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development atau R&D. Sedangkan pada tahapan develop, peneliti menggunakan langkah-langkah yang mengadopsi dari siklus hidup pengembangan sistem atau SDLC model waterfall. Penelitian ini telah menghasilkan produk penelitian berupa aplikasi bukersus yang merupakan akronim dari bursa kerja khusus. Hasil uji validitas produk memperoleh nilai rata-rata 0,85 dengan kategori Valid. Hasil uji praktikalitas memperoleh nilai rata-rata 0,83 dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektifitas memperoleh nilai rata-rata G-Score 0,91 dengan kategori efektifitas tinggi. Berdasarkan hasil uji produk yang terdiri dari uji validitas produk, praktikalitas produk dan efektifitas produk disimpulkan bahwa aplikasi bukersus layak dan dapat diterapkan di Sekolah Menengah Kejuruan.

References

Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability, and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45, 131–142. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0013164485451012

Anita, K., Susanto, E. R., & Wahyudi, A. D. (2020). Aplikasi Lowongan Pekerjaan Berbasis Web Pada Smk Cahaya Kartika. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 1(1), 75–80. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi

Apriliyadi. (2021). “Berbagai Peluang Lulusan SMK, Ternyata Banyak Lho !” Direktorat SMK, 1–12.

Darmawan, M. R., & Musril, H. A. (2021). Perancangan Sistem Pendaftaran Audiens Seminar Proposal di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 11(1), 26–39. https://doi.org/10.34010/jati.v11i1.3346

Kurniasih, A., Widiantari, D., & Nugraha, F. (2022). MANAJEMEN BURSA KERJA KHUSUS ( BKK ) DALAM MENINGKATKAN PENYALURAN LULUSAN KERJA KE JEPANG DI SMKN 1 MUNDU. Edulead : Journal of Education Management, 4(1), 1–19.

Mayati, S., Supriadi, S., & Khomaruddin, A. N. (2021). Perancangan Aplikasi E-Discussion Pada SMA Negeri 1 Banuhampu. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 11(2), 118. https://doi.org/10.22303/csrid.11.2.2019.118-129

Meisak, D., Hartiwi, Y., & Arvita, Y. (2019). Sistem Informasi Pengolahan Data Peserta Prakerin Pada BKK (Bursa Kerja Khusus) SMK Negeri 4 Kota Jambi). Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 13(1), 15. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2019.13.1.411

Sagita, R., Azra, F., & Azhar, M. (2017). Pengembangan Modul Konsep Mol Berbasis Inkuiri Terstruktur Dengan Penekanan Pada Interkoneksi Tiga Level Representasi Kimia Untuk Kelas X Sma. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(2), 25. https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.48

Sommerville, I. (2003). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

T Sulistiyani, A., & Rosidah. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu.

Zakir, S., Maiyana, E., Nur Khomarudin, A., Novita, R., & Deurama, M. (2021). Development of 3D Animation Based Hydrocarbon Learning Media. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012008
Published
2022-12-30