INVENTARISASI DAN SURVEI PEMETAAN JEMBATAN DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Reki Elliandra Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Chitra Hermawan Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Inventarisasi Aset Daerah, Pemetaan, Nilai kondisi

Abstract

Aset bangunan infrastruktur yang miliki oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi khususnya jembatan perlu dilakukan survei inventarisasi dan penilaian kondisi eksisting secara bekala serta dilengkapi dengan peta jaringan jembatan untuk mempermudah petugas dinas mengetahui lokasi jembatan tersebut. Dalam menentukan koordinat jembatan dibutuhkan perangkat GPS (Global Positioning System) kemudian diolah menggunakan aplikasi pada komputer, untuk menentukan nilai kondisi existing jembatan  menggunakan teori Bridge Condition Ratting (BCR) yaitu indeks kondisi jembatan dipergunakan pada metode NYSDOT (New York State Departement Of Transportation). Dalam penyusunan peta jaringan jembatan dilakukan pada Wilayah Zona 1 (Kecamatan Kuantan Tengah dan Sentajo Raya) menggunkan perangkat GPS yang diolah dengan software Global Mapper V.15, Google Earth, ArcCatalog, ArcMap, dan Microsoft Excel. Ada 10 jembatan yang akan diinventarisasi dan hanya 2 jembatan yang akan dilakukan penilaian kondisi eksisting jembatan yang masing-masing penilaian terdiri dari 13 komponen pada jembatan tersebut. Hasil data inventarisasi terdapat 10 jembatan diantanya 2 jembatan gantung, 3 jembatan rangka baja dan 5 jembatan beton. Penilaian indeks jembatan dilakukan pada : [1]. Jembatan rangka Sungai Godang dengan nilai BCR 6,333 (Baik), Equivalen of Age 10,1 Tahun dan waktu layanan 39,9 tahun dengan usulan pemeliharaan rutin dan berkala. [2] Jembatan rangka Kuantan I yang berlokasi di Pulau Bungin nilai BCR 6,111 (Baik), Equivalen of Age 13,2 Tahun dan waktu layanan 36,8 tahun dengan usulan pemeliharaan rutin dan berkala.

References

Ang, A. H-S. dan Tang, H. Wilson. 1987. Konsep-Konsep Probabilitas dalam Perencanaan dan Perancangan Rekayasa. Erlangga, Jakarta

BMS, 1992, Bridge Management System : Bridge Design Code, Directorate General, of Highways Ninistry of Public Works Republic of Indonesia and Australian.

Darmawan. M (2011). Sistem informasi Geografi (SIG) dan Standarisasi Pemetaan Tematik. Jakarta.

Dinas Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruang, 2018, Data Rekapitilasi Jembatan Tahun 2018. Kabupaten Kuantan Singingi, Teluk Kuantan.

Dirjen Bina Marga, Mei 1993, Panduan Pemeriksaan Jembatan (Prosedur pemeriksaan jembatan), BMS, Departemen Pekerjaan Umum RI – Australian International Development Asistance Bureau.

Fali ilham, 2013. Inventarisasi Aset, Legal Audit Aset, Penilaian Aset, Pengawasan dan Pengendalian Aset, Optimasi Aset Tetap (Tanah dan Bangunan), Tesis UGM.

Hasfi, nyemas. 2013. Pengelolaan Barang Milik Daerah (Suatu Studi Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Sintang). Magister Ilmu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura Pontianak.

NYSDOT, 2003, Bridge Inspection Manual, New York

NYSDOT, 2004, Bridge Inventory Manual, New York

Undang-Undang Nomor: 19 Tahun 2016 tentang Pedoman pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah

Undang-Undang Nomor: 27 Tahun 2014 tentang pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah

Wirshing, J. R. R. H. Wirshing. 1995. Pengantar Pemetaan, Erlangga, Jakarta.
Published
2020-07-06